detikNews
Kamis 22 November 2018, 18:05 WIB

Lion Air Tunggu Hasil KNKT soal Kelanjutan Pemesanan Boeing MAX 8

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Lion Air Tunggu Hasil KNKT soal Kelanjutan Pemesanan Boeing MAX 8 Rapat Komisi V DPR membahas jatuhnya Lion Air PK-LQP. (Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)
Jakarta - Maskapai Lion Air memesan 218 pesawat Boeing 737 MAX 8, jenis pesawat yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Apakah Lion Air akan membatalkan pemesanan lantaran insiden itu?

"Kami kan juga menunggu hasil dari KNKT. Kalau hasil investigasi KNKT menyatakan hal yang terlalu signifikan, kami pun akan berangkat nanti ke Boeing, ke Seattle, kami akan diskusikan dengan manajemen Boeing. Kita review lagi. Hasil rekomendasi KNKT sangat penting sekali," kata Managing Director Lion Air Group Captain Daniel Putut Kuncoro seusai rapat bersama Komisi V DPR di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (22/11/2108).

Daniel menegaskan pihaknya masih menunggu hasil investigasi KNKT. Mereka juga akan berkoordinasi dengan Kemenhub terkait apakah akan me-review pemesanan Boeing 737 MAX 8 itu.





Menurutnya, Boeing sudah menerbitkan dan memperbaiki prosedur seusai insiden jatuhnya pesawat PK-LQP. Dia menyebut akan meminta kepastian dari Boeing terkait keamanan penerbangan.

"Kami harapkan dengan hasil pertemuan kami dengan Boeing, kan Boeing sudah mengeluarkan beberapa buletin juga untuk perbaikan-perbaikan. Hasil kami di sana akan kami sampaikan kepada masyarakat bahwa setelah kami evaluasi bahwa sebetulnya tidak ada kekhawatiran atau khawatir untuk naik pesawat ini," jelasnya.

"Kami butuh jaminan dari pabrikan pesawat bahwa kejadian ini nggak akan terulang lagi. Dengan jaminan ini, baru bisa men-deliver kepada masyarakat bahwa, oke, setelah kami bertemu mereka, ternyata kok hasilnya kita teruskan, ini sama-sama harus melakukan informasikan kepada masyarakat," pungkas Daniel.
(gbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed