DetikNews
Kamis 22 November 2018, 17:49 WIB

BPS: Angka Kepuasaan Jemaah Haji 2018 85,23%, Sangat Memuaskan

Farih Maulana Sidik - detikNews
BPS: Angka Kepuasaan Jemaah Haji 2018 85,23%, Sangat Memuaskan Pemaparan hasil survei BPS mengenai indeks kepuasan jemaah haji (Farih/detikcom)
Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan survei indeks kepuasan jemaah haji Indonesia. Hasilnya, tingkat kepuasan mencapai angka 85,23 persen. Masuk kategori sangat memuaskan.

"Hasil survei indeks kepuasan jemaah haji yakni 85,23 persen. Masuk kategori sangat memuaskan," tutur Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2018).

Survei dilakukan menggunakan kuesioner dan diberikan kepada 14.400 jemaah haji. Jenis-jenis pelayanan yang dinilai antara lain pelayanan petugas haji, pelayanan ibadah, pelayanan transportasi bus, pelayanan akomodasi, pelayanan katering, pelayanan kesehatan kloter, dan pelayanan lain-lain.

Angka kepuasan 85,23 persen ini meningkat dibanding tahun lalu. Dan angka tersebut terus meningkat sejak 2014.

Menag Lukman Hakim menyatakan begitu bersyukur atas hasil survei ini. Menurutnya, ini merupakan buah dari kepatuhan jemaah haji dan kerja keras petugas.

BPS: Angka Kepuasaan Jemaah Haji 2018 85,23%, Sangat MemuaskanFoto: Dok BPS


"Ini adalah keberhasilan dalam kaitannya peningkatan indeks kepuasan jemaah kita yang merupakan akumulasi dari berbagai aspek. Tentu selain dedikasi petugas yang tahun ini memiliki komitmen yang luar biasa untuk memberikan yang terbaik," tutur Lukman.

"Juga tidak kalah pentingnya, ini adalah kontribusi kepatuhan dan ketaatan jamaah haji kita yang kita merasa tahun ini mereka relatif lebih mudah diorganisasi, lebih mudah diberi pengarahan dan bimbingan dan lain sebagainya. Dan itu tentu memiliki tingkat kontribusi yang signifikan dalam proses acara penertiban pengaturan jemaah haji kita," sambungnya.
(fjp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed