detikNews
Kamis 22 November 2018, 13:28 WIB

Kenalkan Ikan Patin RI, APCI Luncurkan 'Indonesian Pangasius'

Eva Safitri - detikNews
Kenalkan Ikan Patin RI, APCI Luncurkan Indonesian Pangasius Ketua Umum APCI M Suhadi (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Asosiasi Pengusaha Catfish Indonesia (APCI) meluncurkan brand 'Indonesian Pangasius'. Kegiatan ini sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat brand ikan patin yang berasal dari dalam negeri.

"Acara SIAL ini sekaligus kita perkenalkan kepada masyarakat Indonesia yang namanya ikan dori itu sebenarnya ikan patin. Dulu orang kan kenalnya dori itu dari Vietnam, sekarang kita kenalkan patin dari Indonesia ini dengan brand sendiri, Indonesian Pangasius," ujar Ketua Umum APCI, M Suhadi, di Pameran SIAL Interfood, Hall C2, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2018).

Ikan patin ini merupakan hasil budi daya dari berbagai pengusaha ikan. Budi daya kebanyakan dilakukan di perairan Kalimantan, Sumatera, dan Jawa.


Suhadi mengatakan produksi patin di Indonesia belum dapat mengalahkan Vietnam. Meski begitu, ke depan pihaknya akan mengembangkan budi daya patin. Ia menyebut potensi air di Indonesia yang cukup luas bisa dijadikan bisnis untuk mengembangkan patin di Indonesia.

Ketua Umum APCI, M SuhadiKetua Umum APCI, M Suhadi (Eva Safitri/detikcom)

"Ikan patin ini dibudidayakan oleh masyarakat di perairan Kalimantan, Sumatera, Jawa. Memang belum sebanyak Vietnam produksi kita, tapi sebetulnya kita punya potensi besar untuk dikembangkan dari yang punya Vietnam, sungai kita kan luas, tinggal kita saja adakan program kerja sama dengan masyarakat luas," ucapnya.

Produk Indonesian Pangisius ini, jelas Suhadi, juga bermacam-macam. Mulai ikaan fillet, fishskin, dan berbagai produk olahan lainnya. Menurutnya, produk tersebut juga sudah memasuki pasar di Indonesia, namun persepsi masyarakat masih mengenalnya dengan nama ikan dori.


"Produknya macam-macam, banyak produk olahan dari ikan patin, ada tepung ikan yg di-fillet, ikan fillet-nya, dan lainnya. Ikan ini sudah terserap di dalam negeri sudah lama, ikan segar dalam bentuk fillet juga sudah tersebar di dalam negeri. Tapi ya itu, orang tahunya ikan dori, makanya kita kenalkan brand ikan patin di Indonesia," katanya.

Brand Indonesian Pangasius ini resmi diluncurkan oleh Dirjen Penguatan Daya Saing Kementerian Kelautan dan Perikanan Rifky Effendi Hardijanto dalam acara yang juga dihadiri oleh para pengusaha catfish Indonesia. Pameran Indonesian Pangasius akan berlangsung di Seafood Show Asia pada 21-24 November 2018 di JIExpo Kemayoran Jakarta Hall C2.
(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed