Menhub: FDR Lion Air PK-LQP Berhasil Diunduh

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kamis, 22 Nov 2018 11:47 WIB
Komisi V DPR menggelar rapat kerja bersama Menteri Pehubungan Budi Karya Sumadi membahas kecelakaan Lion Air PK-LQP, Kamis (22/11/2018). (Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut flight data recorder (FDR) Lion Air PK-LQP berhasil diunduh.

Budi mengungkap keberhasilan pengunduhan data FDR Lion Air PK-LQP dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (22/11/2018). Budi awalnya menyampaikan hasil investigasi KNKT.

"Investigasi yang dilakukan KNKT bertujuan mencari penyebab kecelakaan dan memberikan rekomendasi keselamatan," kata Budi dalam rapat.


Sesuai dengan International Civil Aviation Organization (ICAO) Annex 13, kata Budi, selain KNKT, ada pihak lain yang terlibat dalam kerja investigasi tersebut. Pihak-pihak itu dari pendesain pesawat dan negara pembuat pesawat, dalam hal ini Amerika Serikat yang diwakili NTSB, Boeing, Australia Transport Safety Biro, hingga dari pihak Singapura.

"Pihak-pihak ini sudah berada di Indonesia dan bersama KNKT untuk melakukan kegiatan investigasi sesuai amanat ICAO," ucap Budi.

FDR Lion Air PK-LQP itu ditemukan pada awal November. Pada 4 November, data FDR berhasil diunduh, termasuk memuat rekaman pesawat dengan nomor penerbangan JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang yang tak sampai tujuan.

"Pada tanggal 1 November FDR berhasil ditemukan, pada tanggal 4 November data FDR telah berhasil diunduh. Dari FDR, berhasil diperoleh sebanyak 1.790 parameter dari 69 jam terdiri atas 19 penerbangan, termasuk yang mengalami kecelakaan," ungkap Budi.


Simak Juga 'Berharap Korban Lion Air PK-LQP Husnulkhatimah...':

[Gambas:Video 20detik]


Menhub: FDR Lion Air PK-LQP Berhasil Diunduh
(gbr/fdn)