DetikNews
Rabu 21 November 2018, 13:44 WIB

5 Kapal Maling Ikan Asal Vietnam Ditenggelamkan di Batam

Agus Siswanto Siagian - detikNews
5 Kapal Maling Ikan Asal Vietnam Ditenggelamkan di Batam Lima kapal maling ikan ditenggelamkan. (Agus/detikcom)
Batam - Lima kapal ikan asing ditenggelamkan di perairan Pulau Momoi, Batam, Kepri. Lima kapal itu ditenggelamkan berdasarkan putusan pengadilan dan sudah berkekuatan hukum tetap.

Kelima kapal ikan asing asal Vietnam itu bernama KM.KNF-7445, KM.BV-93115TS, KM.BV-92896TS, KM.BV-92897TS, dan KM.BV-93114TS. Semua kapal ditangkap di perairan Batam.

Kelima kapal ikan asing ini ditenggelamkan setelah melalui proses hukum dan telah berkekuatan hukum tetap atau inkrah.



Menurut Kepala kejaksaan Kota Batam Dedie Tri Haryadi, selain mengamankan lima kapal ikan asing, sedikitnya ada lima nakhoda yang menjadi terpidana, yakni LY Truong Giang, Nguyen Do Hoai Trung, Nguyen Thanh, Nguyen Hung VI, dan Nguyen Ngoc.

Pemusnahan barang bukti kapal ikan asing dilakukan dengan cara menenggelamkan kapal menggunakan pemberat. Pemusnahan oleh Kejaksaan Batam menggunakan cara ini ini merupakan yang pertama di Indonesia. Sedangkan barang bukti alat tangkap ikan, seperti trawl, dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Eksekusi lima kapal ikan asing asal Vietnam ini terbilang pertama dilaksanakan, meski selama ini kejaksaan selalu hadir dalam pemusnahan barang bukti bersama instansi lainnya. Namun kali ini jaksa langsung mengeksekusinya," kata Dedie.

Dedie juga mengatakan kapal ikan asing ini sengaja ditenggelamkan dengan cara yang lebih ramah lingkungan agar tidak merusak ekosistem alam sekitar perairan.

"Penenggelaman kapal dengan cara mengisi pemberat tentunya lebih ramah lingkungan daripada meledakkan kapal," jelasnya.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed