DetikNews
Rabu 21 November 2018, 13:35 WIB

Cegah Korupsi Gaya Anak Muda, Ganjar: Pasti Langsung Mak Jleb

Moch Prima Fauzi - detikNews
Cegah Korupsi Gaya Anak Muda, Ganjar: Pasti Langsung Mak Jleb Foto: Dok. Pemprov Jateng
Jakarta - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, ingin pencegahan korupsi dilakukan dengan gaya anak muda. Ganjar juga mendorong untuk mendeklarasikan gerakan antiangpau.

Saat menghadiri Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) ia berpesan agar pencegahan korupsi dengan mindset pemuda karena dinilai lebih kreatif dan efektif.

"Atau bikin kaos tulisannya saya sudah taubat. Gaya anak muda dalam pencegahan korupsi yang dilakukan anak muda, pasti langsung mak jleb. Kalau cara bapak ibu nanti menyebarkan virus ini dengan cara kuno, ceramah gini pasti ditinggal. Kita perlu melakukan penyebaran virus pencegahan korupsi ini dengan tertawa," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (21/11/2018).


Kepada 30 peserta yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara, LSM dan aktivis antikorupsi, Ganjar juga bergagasan perlunya gerakan antiangpau yang diajarkan kepada anak-anak.

"Pertanyaannya, maukah kita kerja lillahita'ala. Atau kita juga perlu melahirkan gerakan antiangpau dan kita ajarkan ke anak-anak kita," katanya.

"Pernahkah sampeyan dimintai uang oleh gubernur untuk sebuah jabatan? Kalau ada saya mundur hari ini dari gubernur," imbuh dia.

Dia berpesan, saat mengampanyekan antikorupsi peserta harus menyiapkan mental serta intelektual karena akan menerima banyak serangan, khususnya dari orang dekat mereka sendiri.


"Siap-siap, nanti bapak ibu pasti akan dilawan. Kawan-kawan bapak ibu pasti akan banyak yang bilang, 'heleh dulu sampeyan ketika bekerja juga begitu'," katanya.

Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi korupsi ini merupakan pertama kali diselenggarakan Pemprov Jateng. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepekaan terhadap potensi korupsi.

Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi ini dari Jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) dan diselenggarakan 21-23 November. Turut hadir dalam pembukaan tersebut, Dewan Pengarah Lembaga Sertifikasi Profesi KPK RI Busyro Muqoddas dan Ketua Tim KPK Muhammad Indra Furqon.
(prf/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed