DetikNews
Rabu 21 November 2018, 13:12 WIB

Polisi Tangkap Netizen Pembuat Onar Soal 110 Juta e-KTP Buatan China

Audrey Santoso - detikNews
Polisi Tangkap Netizen Pembuat Onar Soal 110 Juta e-KTP Buatan China Ilustrasi (Foto: dok detikcom)
Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Siber Polri menangkap seorang pengguna Youtube, Syaifudin, yang menyebarkan konten soal pengungkapan 110 juta e-KTP yang dibuat warga negara China. Syaifudin dijerat dengan pasal tentang membuat keonaran.

Penangkapan dilakukan pada Selasa (20/11) di Banjara, Kabupaten Bandung. Syaifudin ditangkap karena mengunggah konten video dengan judul '110 Juta e-KTP Dibikin Warga Cina siap kalah kan Prabowo DI TANGKAP TNI kemana POLRI YA'.

Saat Saifudin ditangkap, tercatat sudah ada 93 ribu orang yang menonton videonya itu. Pria berusia 35 tahun itu dijerat dengan pasal 15 UU No 1/1946 tentang perilaku yang membuat terciptanya keonaran.




"Berdasarkan penyidikan, motif tersangka adalah untuk mencari keuntungan iklan melalui subscriber," ujar Kabareskrim Komjen Arief Sulistyanto kepada wartawan, Rabu (21/11/2018).

Modus yang dilakukan Syaifudin diawali dengan penemuan konten video di akun Facebook miliknya. Video tersebut diunduh lalu diunggah ke akun Youtube miliknya dengan judul yang dianggap bisa memicu keonaran.

Syaifudin saat ini tengah diperiksa intensif di Dittipidsiber Polri. Adapun polisi akan menurunkan postingan Syaifudin tersebut.


(aud/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed