DetikNews
Selasa 20 November 2018, 15:39 WIB

Harga Sembako 'Digoreng', Kirana Larasati Belanja Rp 50 Ribu

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Harga Sembako Digoreng, Kirana Larasati Belanja Rp 50 Ribu Tangkapan layar video Kirana Larasati.
Jakarta - Caleg PDIP, Kirana Larasati, membuat video berbelanja di pasar dengan uang Rp 50 ribu. Seakan-akan menyindir Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Titiek Soeharto, yang sebelumnya sempat mempertanyakan uang sebesar Rp 50 ribu bisa untuk apa saat ini.

"Itu di Pasar Induk Gedebage, Bandung," kata Kirana saat dimintai konfirmasi oleh detikcom, Selasa (20/11/2018).



Video itu diunggah di akun Twitter @_kiranalara pada Selasa (19/11). Video berdurasi sekitar 2 menit itu memperlihatkan Kirana belanja sejumlah bahan pangan di pasar berpakaian kasual dengan jaket hitam bernomor 3 di punggungnya.



Kirana mula-mula membeli bawang merah, bawang putih, dan cabai seharga Rp 10 ribu. Setelah itu, dia membeli ayam 0,5 kilogram seharga Rp 16 ribu, lalu tahu-tempe Rp 15 ribu, dan tujuh butir telur ayam seharga Rp 9.000.

"(Pembuatan video ini) inisiatif sendiri, setelah sebelumnya saya blusukan ke pasar di Bandung (Pasar Haur Pancuh), saya melihat langsung kalau harga-harga kebutuhan pokok sangat terkendali dan terjangkau," ujar Kirana.

Pembuatan video itu pun disebutnya sederhana. Dia hanya memanfaatkan kamera ponselnya dengan bantuan teman-temannya untuk merekam.

Meski berinisiatif sendiri, mantan aktris ini berharap banyak yang membuat video serupa. Dia berharap perdebatan politik ke depan lebih didasari data dan fakta.

"Saya pun berharap demikian. Adu data dan sebar energi positif," kata Kirana dengan menambahkan emotikon senyum.



Lalu, apakah video ini khusus untuk menyindir Titiek?

"He-he-he, nyindir orang-orang yang cuma bisa bicara tapi ga bisa membuktikan dengan fakta. Sekaligus memberi contoh kepada masyarakat kita untuk tidak percaya hoax atau berita bohong yang direkayasa demi kepentingan politik," jawab Kirana saat ditanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sedih setiap hal menjadi bahan 'gorengan' di tahun politik, termasuk harga sembako. Pernyataan Jokowi ini didebat timses Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Sedih juga kita, kalau sudah masuk ke tahun-tahun politik, apa pun 'digoreng'. Harga sembako 'digoreng'. Saya pribadi saja, Presiden Jokowi itu PKI. Coba dilihat di medsos. PKI itu dibubarkan tahun '65-'66, saya lahir tahun '61. Umur saya berarti baru 4 tahun. Nggak ada PKI balita," ujar Jokowi di Universitas Muhammadiyah Lamongan, Jawa Timur, Senin (19/11).



Tonton juga '5 Artis Ini Ungkap Alasan Terjun ke Politik':

[Gambas:Video 20detik]


(bag/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed