DetikNews
Selasa 20 November 2018, 13:13 WIB

Warga Surabaya Gelar Grebek Maulid Nabi Bertema Keberagaman

Amir Baihaqi - detikNews
Warga Surabaya Gelar Grebek Maulid Nabi Bertema Keberagaman Amir Baihaqi/detikcom
Surabaya - Ribuan warga Kelurahan Rangka Gang Buntu dan sekitarnya menggelar pawai tahunan Grebek Maulid Nabi. Berbagai kostum tradisional dan gunungan makanan hasil bumi diarak sebagai bentuk syukur dan sedekah bagi masyarakat.

Ketua panitia, Sigit Sudarsono, mengatakan kegiatan Grebek Maulid Nabi yang diadakan sudah memasuki tahun kelima. Total ada 1.100 peserta yang mengikuti acara tersebut.


"Seluruh peserta dari tujuh RT dan tiga RW lainnya," kata Sigit kepada detikcom, Selasa (20/11/2018).

Sedangkan untuk tema, Sigit mengaku tetap sama, yakni memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad. Namun, dari tema tersebut, kemudian ditambahkan dengan fenomena atau isu-isu saat ini yang sedang berkembang.

Warga Surabaya Gelar Grebek Maulid Nabi Bertema KeberagamanFoto: Amir Baihaqi/detikcom

"Tema tetap 'Gerebek Maulid dalam Kebersamaan'. Tapi kita mengedepankan rasa kebangsaan dan toleransi yang semakin hilang. Jadi, keberagaman budaya itu yang kita angkat," lanjut Sigit.


Dari pantauan detikcom, pawai berlangsung dimulai di Jalan Rangkah Yang Buntu 1, kemudian dilanjutkan ke Gang 2, Jalan Kenjeran, Tambak Segaran, Rangkah Rejo, dan kembali lagi ke Gang Rangkah. Di Jalan Kenjeran, penonton sempat berdesak-desakan dan memperebutkan gunungan.
(ega/mul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed