DetikNews
Selasa 20 November 2018, 12:51 WIB

Anies Bicara Pentingnya Peran Orang Tua Mendidik Anak

Farih Maulana Sidik - detikNews
Anies Bicara Pentingnya Peran Orang Tua Mendidik Anak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Farih/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Islamic Boarding School Fair. Dalam pidato sambutannya, Anies berbicara tentang pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak.

"Pendidikan memang pada akhirnya adalah tentang penumbuhan karakter. Itu inti dari pendidikan. Kita ingin pendidikan kita memunculkan generasi baru yang berakhlak mulia," kata Anies di lokasi acara, di restoran Alzajeera Polonia, Cimpedak, Jakarta Timur, Selasa (20/11/2018) pagi.

Acara ini juga dihadiri Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi; serta ibunda Anies, Aliyah Rasyid.


Anies mengatakan letak pendidikan terpenting bagi anak adalah di rumah, bukan di tempat lain. Karena itu, orang tua memainkan peran penting dalam membentuk karakter anak sejak dini.

"Di mana letak pendidikan terpenting? Letak pendidikan terpenting ya di setiap rumah kita. Itulah lokasi pendidikan yang terpenting. Lokasinya bukan di tempat lain. Karena itu, orang tua harus memulai dengan kesadaran bahwa lokasi pendidikan bukan di tempat lain. Lokasi pendidikan ada di rumahnya. Bila orang tua tidak menganggap rumahnya sebagai sekolah bagi anaknya, maka mulai sekarang jadikan rumahnya sebagai sekolahnya, dan di situlah pendidikan pertama," ucapnya.

Pendidikan pertama ada di dalam rumah dan pendidik pertama bagi anak adalah ibu, yakni sejak anak dalam kandungan. Menurut Anies, di situlah proses pendidikan pertama dilakukan berdasarkan bukti riset modern.

"Orang tua harus menjadi orang tua yang siap mendidik, tapi sayangnya di antara pendidik, pendidik terpenting tapi paling tak tersiapkan, namanya orang tua. Karena itu, kita berharap kita memberikan fokus perhatian pada membekali. Mengapa penting? Tidak semua orang tua memahami perkembangan di bidang neurosains, padahal perkembangan di bidang ini luar biasa pesat. Tidak semua orang tua menyadari fase pendidikan," jelasnya.


Anies mengatakan, saat ini ada banyak tantangan bagi orang tua dalam mendidik anak. Khususnya bagi orang tua di kota-kota besar seperti Jakarta. Karena itu, banyak bermunculan sekolah berkonsep boarding school (sekolah dengan tinggal di asrama). Meski demikian, Anies mengingatkan soal pentingnya orang tua untuk berperan besar dalam mendidik anak.

"Hari ini, menghadapi tantangan karena sebagian orang tua, sebagian dari kita memiliki keterbatasan waktu, memiliki keterbatasan bekal, sehingga sebagian harus memutuskan untuk ke mana anak saya dititipkan agar belajar, seperti belajar di rumah. Dan itulah sebabnya kemudian konsep sekolah yang 24 jam menjadi sesuatu yang menarik. Saya berharap semua orang tua yang datang punya banyak pilihan, tetapi pilihannya saya boleh usul kepada pengelola, kepada kita semua, marilah kita membaca perubahan. Anak-anak kita harus dididik untuk masa kini dan masa depan. Fondasi utamanya iman, Islam, akhlak. Itu fondasi utamanya," jelas Anies.

Terkait boarding school, Anies meminta pengelolanya harus terus membaca perubahan. Boarding school harus ikut berperan dalam menyiapkan generasi masa depan bangsa.

"Karena itu, saya berharap pengelola-pengelola ini, teman-teman semua, saudara yang mengelola boarding school ini, harus bisa menjadi pembaca perubahan, harus bisa menjadi tempat-tempat di mana kemajuan ditunjukkan. Mengapa? Karena saudara-saudara semua bahwa di sini jelas di atas kata pertama Islamic Boarding School. Ada kata Islam, dan itu artinya kita harus paling depan, kita ini yang terbaik, dan yang terbaik itu harus kita tunjukkan bahwa isi pendidikannya pun menyiapkan masa depan. Dan buat orang tua yang menitipkan anak-anaknya di sekolah ini, mereka semua akan merasakan betapa kelak anak-anaknya akan menjadi generasi baru yang membanggakan dan membawa perubahan bagi umat," jelasnya.



Tonton juga 'Anies Ajak Warga Bikin Resapan Air di Rumah':

[Gambas:Video 20detik]


(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed