detikNews
Selasa 20 November 2018, 11:58 WIB

Bangkai Paus Penuh Sampah di Wakatobi akan Dikubur Hari Ini

Herianto Batubara - detikNews
Bangkai Paus Penuh Sampah di Wakatobi akan Dikubur Hari Ini Bangkai paus sperma di Wakatobi. (Dok. Istimewa)
Jakarta - Bangkai paus sperma yang terdampar di Perairan Pulau Kapota, Resort Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, akan dikuburkan. Rencana penguburannya masih dipersiapkan.

Pernyataan tersebut disampaikan Kasubag TU Balai Taman Nasional Wakatobi Laode Ahyar saat dihubungi Selasa (20/11/2018). Rencana penguburan paus sepanjang 9,5 meter dan lebar 437 sentimeter ini masih dipersiapkan oleh tim.


"Penguburannya rencananya hari ini. Hari ini akan dikubur oleh staf kami di lapangan," kata Ahyar.

Ahyar mengatakan posisi bangkai paus berada di air. Karena itu, penguburan akan dilakukan saat air pasang agar memudahkan tim membawa bangkai paus itu ke darat.

"Kalau air surut, akan susah membopong tubuh paus itu. Berat sekali soalnya. Jadi tim menunggu air pasang," ujarnya. Menurut Ahyar, paus itu sudah dalam kondisi membusuk saat ditemukan nelayan yang akan melaut pada Senin (19/11) pagi.


Kondisi paus yang mati ini sangat memprihatinkan. Dari identifikasi yang dilakukan di kampus Akademi Komunitas Perikanan dan Kelautan Wakatobi, perut paus ini berisi berbagai jenis sampah. Berat total sampah hingga 5,9 kilogram.

Sampah dalam perut bangkai paus ini terdiri atas sampah gelas plastik 750 gram (115 buah), botol plastik 150 gram (4 buah), plastik keras 140 gram (19 buah), kantong plastik 260 gram (25 buah), serpihan kayu 740 gram (6 potong), sandal jepit 270 gram (2 buah), karung nilon 200 gram (1 potong), dan tali rafia 3.260 gram (lebih dari 1.000 potong).
(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed