DetikNews
Senin 19 November 2018, 15:52 WIB

Pesan Wiranto ke Anak: Penampilanmu Jangan untuk Pamer Keislaman

Indah Mutiara Kami - detikNews
Pesan Wiranto ke Anak: Penampilanmu Jangan untuk Pamer Keislaman Wiranto saat pemakaman cucunya (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto bercerita tentang kebebasan yang dia berikan kepada anak-anaknya, termasuk kebebasan berpakaian. Ini terkait foto viral keluarganya yang bercadar.

Wiranto awalnya berkisah tentang almarhum anaknya, Zainal Nurifky yang meninggal saat mendalami Alquran di Afrika Selatan. Ketika anaknya meninggal, muncul tudingan bahwa anaknya itu menganut Islam radikal.

Kini, keluarga Wiranto kembali jadi sorotan saat pemakaman cucunya, Ahmad Daniyal Al Fatih. Foto viral yang dimaksud memperlihatkan Wiranto, istri, anak-anaknya, serta cucu-cucunya duduk di samping makam almarhum Ahmad Daniyal Al Fatih. Anak perempuan dan cucu perempuan Wiranto tampak memakai cadar hitam sementara menantunya bersorban.



Wiranto mengatakan sepanjang pengalamannya selama setengah abad berkecimpung di dunia militer lalu politik. Dia menegaskan pujian hingga fitnah tidak menggoyahkan kecintaannya pada Indonesia dan keyakinannnya terhadap Pancasila sebagai ideologi negara.

"Dengan modal itu saya ajari mereka untuk merasa memiliki, mencintai, membela negeri ini di manapun posisi mereka, apapun pekerjaan mereka karena disinilah kita dilahirkan, dibesarkan, dididik, mendapatkan kehidupan bahkan tempat peristirahatan yang terakhir," kata Wiranto dalam pernyataan tertulis, Senin (19/11/2018). Pihak Kemenko Polhukam menyebut pernyataan tertulis ini berasal dari tim media Wiranto.

Pesan Wiranto ke Anak: Penampilanmu Jangan untuk Pamer KeislamanFoto: Foto viral keluarga Wiranto


Wiranto mengulang nasihat yang diberikannya kepada anak-anak, termasuk soal agama. Dia menegaskan memberi kebebasan kepada mereka.

"Jangan campur adukkan agama dengan ideologi negara, jangan jual agama untuk kepentingan politik dan jangan jual agama untuk mencari keuntungan finansial. Dalami agama untuk bekal di akhirat dan memberikan kebaikan bagi sesama, bangsa dan negara," demikian pesan Wiranto kepada keluarganya.

"Kamu boleh kenakan baju apa saja, selama kamu merasa nyaman tetapi yang penting janganlah penampilanmu hanya untuk pamer tentang keislamanmu, karena kedalaman agamamu bukan diukur dari pakaianmu atau penampilanmu, tetapi akhlak dan perilakumulah yang lebih utama," sambungnya.



Wiranto menekankan kepada anak-anaknya untuk memberi kebaikan pada negara, bukan merepotkan. Kebebasan kepada anak-anaknya juga bersyarat yaitu tidak boleh keluar dari pesan-pesan di atas itu.

"Saya memberikan kebebasan kepada keluarga saya untuk menjadi apa saja dan melakukan apa saja sepanjang tidak keluar dari rambu-rambu kehidupan yang telah saya pesankan kepada mereka itu. Saya selalu menekankan kepada mereka untuk berusaha memberikan kebaikan kepada negeri ini dan bukan malah merepotkan negeri ini," paparnya.


Simak Juga 'Suasana Duka Menyelimuti Kediaman Cucu Wiranto':

[Gambas:Video 20detik]


Pesan Wiranto ke Anak: Penampilanmu Jangan untuk Pamer Keislaman

(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed