DetikNews
Senin 19 November 2018, 11:43 WIB

4 Juta Kendaraan Belum Bayar Pajak, Polisi-Samsat Razia di Kalibata

Matius Alfons - detikNews
4 Juta Kendaraan Belum Bayar Pajak, Polisi-Samsat Razia di Kalibata Foto: Polisi dan Samsat menggelar razia STNK di Kalibata, Jakarta Selatan. (Alfons-detikcom)
Jakarta - Tim gabungan polantas Polda Metro Jaya dan Samsat melakukan razia pengesahan STNK di Jalan Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan. Sebab, tercatat ada sekitar 4 juta kendaraan yang belum membayar pajak.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 10.15 WIB WIB, Senin ( 19/11/2018), mulai terlihat puluhan mobil pribadi maupun mobil box diberhentikan petugas. Beberapa motor juga dihentikan.


Mayoritas pelanggaran yang dilakukan adalah berboncengan. Selain itu, ada juga karena tidak memakai helm, lampu tidak dinyalakan, sampai pelat nomor yang sudah jatuh tempo.

4 Juta Kendaraan Belum Bayar Pajak, Polisi-Samsat Razia di KalibataFoto: Polisi dan Samsat menggelar razia STNK di Kalibata, Jakarta Selatan. (Alfons-detikcom)

Ada 16 polantas yang melakukan operasi razia pengesahan STNK. Saat operasi, pengendara motor terlihat berdebat dengan polantas karena STNKnya sudah jatuh tempo namun bersikeras tidak mau menandatangani surat tilang.

"Pak tolonglah, motor saya habis mogok, saya mohon maaf," ucap pengendara motor tersebut.

"Mohon maaf ya, Pak, surat-surat bapak tidak lengkap, harus kami tilang, silakan tanda tangan," jawab Iptu D Setiawan kepada pengendara tersebut.

Setiawan menjelaskan bahwa pengendara tersebut tidak membawa surat surat lengkap. Polisi pun menahan motornya.


Sementara, Kepala Unit PKB BPNKB Jakarta Selatan Polda Metro Jaya Khairil Anwar mengatakan operasi ini akan berlangsung sampai pukul 12.00 WIB. Razia akan terus dilakukan hingga akhir Desember.

"Razia ini akan kita lakukan sampai akhir Desember. Kenapa, karena masih banyak yang belum daftar ulang ya, itu sekitar kurang lebih 4 jutaan kendaraan belum daftar ulang yah dengan potensi pajaknya sekitar Rp 1.5 triliun seperti itu," ujar Khairil di lokasi.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed