DetikNews
Minggu 18 November 2018, 23:32 WIB

Gambaran Lengkap Heboh Emak-emak Lari di Apron Kejar Pesawat Citilink

Aditya Mardiastuti - detikNews
Gambaran Lengkap Heboh Emak-emak Lari di Apron Kejar Pesawat Citilink Ilustrasi Bandara Ngurah Rai Bali (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta - Aksi nekat seorang emak-emak menerobos hingga ke apron Bandara Ngurah Rai, Bali, karena ketinggalan pesawat bikin heboh. Dari menerobos boarding gate hingga sempat dikejar-kejar petugas di apron. Begini gambarannya.

Video emak-emak dicegah dua petugas bandara dan maskapai beredar viral. Emak-emak berambut sebahu itu terlihat terus memaksa menuju pesawat meski sudah dicegah dua petugas.

Communication and Legal Section Head Bandara Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim mengatakan peristiwa itu terjadi pagi tadi sekitar pukul 07.00 Wita. Pihak maskapai Citilink menyebut emak-emak itu menerobos boarding gate dan lari ke apron untuk mengejar pesawat.


"Hari ini (18/11), terdapat salah satu penumpang Citilink yang menerobos masuk boarding gate di Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar untuk mengejar ketertinggalan pesawat penerbangan QG 193 dengan rute Denpasar-Halim Perdanakusuma," kata VP Corporate Secretary Citilink Ranty Astari dalam keterangan tertulis, Minggu (18/11).

Pesawat yang akan ditumpangi emak-emak itu dijadwalkan terbang pukul 07.20 Wita. Sekitar 10 menit sebelum lepas landas, penumpang yang sudah terlambat untuk boarding itu nekat menerobos penjagaan petugas hingga akhirnya terjadi aksi pengejaran oleh petugas.

"Penumpang tersebut berhasil menerobos boarding gate, kemudian dikejar petugas Citilink Indonesia dan pihak keamanan Bandara," terang Ranty.


Ketika tiba di apron, emak-emak itu masih berusaha mengejar pesawat. Padahal posisi pesawat sudah bersiap lepas landas sehingga dicegah oleh petugas.

"Petugas Citilink berusaha mengamankan penumpang yang mencoba mengejar pesawat yang sedang push back (mundur), sehingga mengakibatkan penumpang terjatuh," tutur Ranty.

Penumpang tersebut sempat dibawa ke ruang kesehatan dan dimintai keterangan. Setelah dinyatakan sehat, pihak Citilink memberikan kebijakan untuk memberikan tiket baru kepada penumpang tersebut.


"Berdasarkan pertimbangkan kami dan Citilink mengeluarkan kebijakan khusus untuk itu, tiketnya kami lakukan perubahan jadwal dan re-route ke Cengkareng, agar penumpang dapat sampai ke tujuannya," ucap Ranty.

Tanpa memberikan penjelasan detail soal alasan pemberian tiket, pihak Citilink kemudian memberangkatkan penumpang tersebut ke Jakarta pada pukul 16.40. "Saat ini, penumpang tersebut telah tiba di Jakarta dengan kondisi yang baik," ujarnya.
(ams/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed