DetikNews
Minggu 18 November 2018, 14:13 WIB

Menhub: Aspirasi Aliando Sudah Disampaikan ke Presiden Jokowi

Muhammad Guruh Nuary - detikNews
Menhub: Aspirasi Aliando Sudah Disampaikan ke Presiden Jokowi Menhub Budi Karya Sumadi (Guruh Nuary/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan aspirasi untuk open suspend dari Aliansi Nasional Driver Online (Aliando) sudah disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Semua masalah secara menyeluruh sudah dirinci satu per satu.

"Kita sudah mengantisipasi sejak awal, artinya apa, kita menginventarisir semua orang, termasuk penumpang dan termasuk pengemudi," kata Budi di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Curug, Banten, Minggu 918/11/2018).

Sebelumnya, Aliansi Nasional Driver Online (Aliando) menggelar aksi 13.11 pada Selasa (13/11) kemarin untuk menagih janji tiga aplikator terhadap tuntutan mereka sebelumnya. Ada 9 poin yang ditagih oleh Aliando kepada para aplikator, di antaranya adalah open suspend tanpa syarat, hapus praktik kewajiban berbadan hukum, pemberian pelatihan dan hapus praktik potongan PPH dan lain sebagainya di seluruh kantor OPS Gojek dan Grab.

"Aspirasi itu sudah kita dengar, dan sudah kita berikan ke Pak Presiden," kata Budi.


Budi menyoroti kedua belah pihak, baik pihak aplikator/operator maupun pihak pengemudi ojek daring. Menurutnya, pihak operator diminta melakukan perbaikan. Budi juga meminta agar para pengemudi tidak terlalu blak-blakan dalam menyampaikan aspirasinya.

"Kita ingin, bahwasanya understanding (kesepahaman) itu ada. Tapi memang tampaknya ada operator yang ingin spekulasi, melakukan sesuatu yang tidak disepakati. Oleh karenanya, saya mengimbau operator harus melakukan perbaikan. Terus pengemudi juga saya minta jangan frontal begitu," tutur Budi.


(dnu/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed