DetikNews
Minggu 18 November 2018, 11:15 WIB

Ke Peserta Diklat di STPI, Menhub Jelaskan soal Utang Luar Negeri

Guruh Nuary - detikNews
Ke Peserta Diklat di STPI, Menhub Jelaskan soal Utang Luar Negeri Foto: Menhub, Budi Karya Sumadi di acara penutupan diklat masyarakat di STPI Curug, Banten. (Guruh Nuary/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengumbar capaian kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla (JK) ke peserta diklat di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Banten. Budi membahas salah satunya pembangunan jalan tol.

Capaian kerja pembangunan jalan tol itu disampaikan Budi saat memberikan sambutan acara penutupan diklat masyarakat di STPI Curug, Banten, Minggu (18/11/2018). Budi tiba di lokasi sekitar pukul 07.30 WIB.

Peserta diklat STPI Curug ini merupakan masyarakat dari berbagai daerah. Mereka dilatih bagaimana teknik mengelas di lingkungan bandara, instalasi listrik dan perawatan AC.




Budi awalnya menyinggung ketertinggalan infrastruktur di Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara. Karena ketertinggalan itu pemerintah Jokowi-JK fokus membangun infrastruktur.

"By design, kita ingin mengejar ketertinggalan kita. Selama ini kita kalah dengan Vietnam, sekarang kita sudah sejajar dengan Singapura. Selama ini kita juga tertinggal," kata Budi.

"Masuk jalan gede, jalan kecil, macet. Nah, itu kan kita juga bangun jalan tol. Jadi nanti kalau akhir tahun, atau lebaran, jadi kita bisa gunain tuh jalan tol," imbunya.

Selain itu, Budi juga menyinggung soal utang Indonesia. Menurutnya, utang dari luar negeri itu tidak besar.

"Kita juga sering mendengar utang. Utang itu kan kita gunakan untuk infrastruktur. Kita bangun tol, perbaiki jalan, ada kereta juga. Indonesia ini berutang juga tidak banyak," ujar Budi.

Diklat STPI Curug ini berlangsung sejak 7-16 November 2018. Total peserta sebanyak 461 orang yang berasal dari Kecamatan Keroncong dan Cadas Sari Kabupaten Pandeglang, Kecamatan Kopo Kabupaten Serang dan Kecamatan Walantaka Kota Serang.
(zak/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed