DetikNews
Minggu 18 November 2018, 10:39 WIB

Anggota DPR Kritik Polisi Percayai Alasan Pembunuh Satu Keluarga

Ahmad Toriq - detikNews
Anggota DPR Kritik Polisi Percayai Alasan Pembunuh Satu Keluarga Martin Hutabarat. Foto: Erliana Riady/detikcom
Jakarta - Polisi telah mengungkap pembunuhan satu keluarga di Bekasi. Namun ada kritik dalam pengungkapan kasus dengan tersangka Haris Simamora itu.

"Tidak masuk di akal sehat siapapun ada orang sebiadab itu menghabisi satu keluarga dekatnya dengan alasan karena sering dimarahi. Kita mengapresiasi Polisi cepat bertindak dan berhasil menangkap pelakunya. Namun saya sangat menyesalkan polisi begitu saja mempercayai alasan yang disampaikan Haris Simamora untuk membunuh keluarga Nainggolan," kata anggota DPR F-Gerindra, Martin Hutabarat, kepada wartawan, Minggu (18/11/2018).


Martin, yang sempat lama duduk di Komisi Hukum DPR, berpendapat alasan dendam karena sering dimarahi itu sudah lama dipersiapkan oleh Haris untuk membentuk opini seolah-olah keluarga Nainggolan adalah penyebab pembunuhan. Padahal, dia melanjutkan, belum tentu kenyataannya seperti itu.

"Bisa juga karena sebab yang lain, misal pembunuh pernah diketahui mencuri harta di rumah atau pernah tertangkap mau memperkosa isteri atau anak-anaknya Nainggolan. Semua itu tentu sudah tidak mungkin ditanyakan lagi kepada almarhum Nainggolan atau isterinya apa benar yang dikatakan oleh Simamora itu," ulasnya.

"Di situlah rasa keadilan kita terusik karena cepatnya polisi mempercayai keterangan pembunuh dan mengungkapkannya ke publik yang akhirnya membentuk opini yang bisa-bisa keliru," imbuh Martin.


Dia berharap ke depannya polisi lebih hati-hati dalam mengeolah setiap keterangan ataupun alasan yang menjadikan seseorang membunuh korbannya. Sebab, Martin melanjutkan, sudah pasti alasan itu sudah disiapkan untuk memperingan hukumannya.

"Dan di pihak lain para korban tidak bisa hidup lagi untuk bisa ditanyai akan kebenaran alasan pembunuhan tersebut," pungkasnya.


Simak Juga 'Pembunuh Keluarga di Bekasi Terancam Hukuman Mati!':

[Gambas:Video 20detik]


Anggota DPR Kritik Polisi Percayai Alasan Pembunuh Satu Keluarga

(tor/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed