DetikNews
Sabtu 17 November 2018, 16:03 WIB

Mendagri: Lawan Politik Uang dan Kampanye SARA!

Yulida Medistiara - detikNews
Mendagri: Lawan Politik Uang dan Kampanye SARA! Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Mendagri Tjahjo Kumolo mengungkap tiga kunci sukses Pemilu 2019. Salah satunya meningkatkan jumlah partisipasi pemilih serta melawan politik uang.

"Kunci sukses pemilu itu tiga, satu tingkat partisipasi politik harus naik. Kedua, mari lawan racun demokrasi, yaitu politik uang," kata Tjahjo di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (17/11/2018).


Selain itu, Tjahjo mengimbau untuk memerangi kampanye dengan ujaran kebencian. Sebab, menurutnya, hal itu adalah racun demokrasi.

"Ketiga, mari kita lawan kampanye yang berujaran kebencian. Kampanye fitnah dan SARA ini adalah racun demokrasi," ungkapnya.


Selain itu, ia mendorong pihak paslon capres-cawapres melakukan kampanye yang beradu program. Sementara itu, bila ada yang melakukan ujaran kebencian mengandung SARA, akan ditindak oleh aparat keamanan.

"Mari kita dorong caleg DPD, DPRD, capres-cawapres, kampanye yang adu program dalam rangka yang harus lebih baik, menepis isu SARA saya kira polisi sudah ada data peralatan lengkap untuk bisa mendeteksi," ujar Tjahjo.

"Jadi intinya politik uang dan politisasi isu SARA adalah racun demokrasi yang harus dilawan," imbuhnya.
(yld/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed