DetikNews
Jumat 16 November 2018, 22:34 WIB

Mengintip Persiapan DKI Hadapi Musim Hujan

Rivki - detikNews
Mengintip Persiapan DKI Hadapi Musim Hujan Tanggul Pantai Marunda (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Musim hujan sudah tiba di DKI Jakarta. Banjir pun mengancam sejumlah wilayah di Jakarta. Lantas apa persiapan DKI mencegah banjir saat musim hujan?

Dirangkum detikcom, Jumat (16/11/2018), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meyakini seluruh elemen di DKI akan bekerja sama dengan baik untuk mengantisipasi banjir. Dia juga akan bekerja sama dengan Polda Metro Jaya untuk penanggulangan bencana banjir.

Berikut persiapan DKI hadapi musim hujan:

1. Tanggul Pantai Marunda Ditargetkan Selesai Bulan Depan untuk Cegah Rob

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menargetkan pengerjaan tanggul laut Pantai Marunda selesai pada akhir 2018. Tanggul laut itu diharapkan mampu mencegah banjir rob.

"Pokoknya sesuai target, kami harapkan pertengahan hingga akhir Desember (pengerjaan) selesai," kata Kabid Sistem Aliran Timur Dinas SDA DKI Nelson Simanjuntak saat ditemui di Kali Blencong, Pantai Marunda.


2. Dishub DKI Siapkan Rekayasa Lalin di Lokasi Banjir

Kadishub DKI Sigit Wijatmoko mengatakan pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika Jakarta dilanda banjir. Dishub ingin masyarakat cepat mendapatkan informasi saat ada pengalihan arus.

"Beberapa hal yang jadi concern Dishub adalah bagaimana memberikan informasi dini kepada masyarakat apabila terjadi pengalihan arus. Kemudian juga bagaimana kita menyediakan kendaraan yang bisa digunakan sebagai alat bantu evakuasi warga," kata Sigit seusai apel siap siaga banjir di Polda Metro Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta.

Salah satu titik yang sudah dipetakan ialah di Cipinang Melayu. Daerah tersebut disorot Dishub karena menjadi jalur utama warga dari Jakarta menuju Bekasi dan sebaliknya.

3. Gubernur Anies Bakal Bikin Saringan Sampah Seperti Bendungan

Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan Jakarta yang dialiri 13 sungai alami jadi salah satu faktor yang membuat Jakarta rawan dilanda banjir. Ada 30 titik rawan banjir di Jakarta.

Untuk mencegah banjir, Anies mengatakan tahun depan sungai di Jakarta akan dibangun semacam bendungan untuk menyaring sampah.

"Satu, soal aliran ini kita menerima banyak sekali limpahan sisa. Jadi saya kemarin sudah siapkan, tahun depan kita akan bangun saringan-saringan besar semacam bendungan untuk menyaring sampah agar tidak masuk ke dalam kota," kata Anies seusai apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan di Polda Metro Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta.
(rvk/bpn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed