DetikNews
Jumat 16 November 2018, 20:00 WIB

Wagub Sulsel Usul Birokrasi Distandardisasi Secara Nasional

Moch Prima Fauzi - detikNews
Wagub Sulsel Usul Birokrasi Distandardisasi Secara Nasional Foto: dok. APPSI
Jakarta -
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman menyarankan agar kemajuan di suatu provinsi bisa diterapkan di provinsi lainnya. Untuk itu, dia mengusulkan agar tata kelola birokrasi distandardisasi secara nasional.

"Kemajuan birokrasi di satu provinsi harusnya bisa diduplikasi di provinsi lain dan distandardisasi secara nasional," ungkap Andi Sudirman dalam keterangan tertulis, Jumat (16/11).

Hal itu ia katakan saat menerima kedatangan Tim Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur di kantor Gubernur Sulawesi Selatan.


Menurutnya, birokrasi yang berjalan tidak efisien dan tumpang tindih terjadi akibat tidak adanya standar nasional. Ia berharap, melalui Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), upaya standardisasi birokrasi secara nasional dapat diwujudkan.

Selain itu, Andi meminta APPSI membentuk auditor independen untuk mengawasi tata kelola birokrasi agar memiliki kinerja yang lebih baik.

"Kalau bisa, APPSI membentuk auditor independen yang berkoordinasi dengan KPK dan BPK agar birokrasi berjalan dengan baik. Misalkan mengawasi efisiensi anggaran agar tidak ada pemborosan anggaran untuk hal-hal yang tidak perlu," jelasnya.

Menurutnya, dengan tata kelola birokrasi yang efisien, anggaran dan kinerja birokratnya bisa ditujukan untuk menyejahterakan rakyat.

"Banyak anggaran dihamburkan begitu saja tanpa ada output untuk kesejahteraan rakyat, seperti untuk perjalanan dinas atau rapat-rapat yang sebenarnya tidak memerlukan anggaran besar. Termasuk formasi ASN dan tenaga honorer banyak yang mubazir dan kerjanya tidak optimal," ungkapnya.


Di sisi lain, dia juga mengapresiasi ekspedisi APPSI yang berusaha mengintegrasikan data potensi daerah serta digitalisasi UKM dan smart province melalui platform digital.

Sulawesi Selatan merupakan provinsi ke-25 yang didatangi tim Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur dari APPSI. Tim Ekspedisi diterima oleh Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, yang mewakili Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Untuk mengetahui informasi lainnya dari Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur APPSI klik di sini.
(ega/mul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed