DetikNews
Jumat 16 November 2018, 19:43 WIB

Timses Telusuri Pemasang Poster Jokowi di Medan yang Dipaku di Pohon

Yulida Medistiara - detikNews
Timses Telusuri Pemasang Poster Jokowi di Medan yang Dipaku di Pohon Poster Jokowi dipaku pada pohon di Medan (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menelusuri temuan poster Jokowi di Medan, Sumatera Utara. Poster yang terpasang disebut tidak sesuai dengan arahan timses Jokowi

"Kita akan menginvestigasi, di Medan juga terjadi, poster yang seperti di Jateng." kata Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong, di Jl Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (16/11/2018).

Poster Jokowi, menurutnya, dipasang masif dengan ditempelkan serta dipaku pada pohon-pohon di sepanjang jalan di lokasi yang tidak sesuai dengan aturan pemasangan atribut kampanye.





"Kita investigasi, kalau ada pelanggaran, kita harus lapor ke Bawaslu. Kita kan tidak bisa menindak. Kecuali yang melakukan internal, tapi sangat tidak mungkin yang melakukan internal karena itu merugikan kita," kata Usman.

Dari penelusuran sementara, terdapat pemodal untuk memasang atribut kampanye di tempat terlarang seperti yang terjadi di Medan maupun Garut, Jawa Barat.





"Kalau hasil investigasi sementara, ada orang yang bayar untuk orang yang masang-masang poster itu. Orang yang nyuruh memasang itu mengaku dari salah satu parpol pendukung kita. Padahal bukan. Jadi, terakhir malah kita ada indikasi ada cukong yang bayar ini. Ini lagi kita terus cari. Jadi ada pemodal yang modali, bahasanya cukong," ungkap Usman.

Sebelumnya, ramai poster Jokowi bermahkota raja yang tersebar di Jawa Tengah. Selain itu, ada pula poster yang dipaku pada pohon di Garut.
(yld/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed