DetikNews
Jumat 16 November 2018, 17:38 WIB

Surat Kematian Semua Korban Lion Air akan Terbit, Ini Prosedurnya

Roland - detikNews
Surat Kematian Semua Korban Lion Air akan Terbit, Ini Prosedurnya Dirjen Dukcapil Zudan Arief (berbatik) di RS Polri (Rolan/detikcom)
Jakarta - Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri akan mengeluarkan surat kematian bagi korban jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP. Surat kematian akan diterbitkan untuk seluruh korban yang teridentifikasi ataupun tidak.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengatakan akta kematian bagi korban yang sudah teridentifikasi diterbitkan Dinas Dukcapil di daerah. Untuk memprosesnya, keluarga korban diharuskan membawa surat keterangan kematian dari RS ke Dinas Dukcapil, tempat tinggal korban sesuai dengan keterangan KTP.

"Apabila korban belum berusia 17 tahun, sesuai dengan alamat yang berada di kartu keluarga, semangat kami adalah membantu, mempercepat proses, dan memberikan kepastian hukum dengan tetap mendasarkan prinsip kehati-hatian," ujar Zudan dalam jumpa pers di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta TImur, Jumat (16/11/2018).

Sedangkan bagi korban yang belum teridentifikasi, Dukcapil memproses surat kematian berdasarkan surat keterangan kematian dari maskapai penerbangan. Lewat surat itu, maskapai menjelaskan korban yang belum teridentifikasi terdata dalam manifes penumpang.





"Sehingga bisa dipastikan bahwa nanti yang akan diterbitkan surat kematiannya adalah benar-benar diyakini sudah meninggal dunia. Sehingga kami memerlukan surat keterangan by name, by address, dari pihak maskapai penerbangan. Ini sesuai Perpres 96 Tahun 2018 dan sesuai Undang-Undang Penerbangan," sambung Zudan.

Zudan memastikan Dukcapil akan memberi layanan cepat terhadap penerbitan surat kematian korban Lion Air, yang jatuh di perairan Karawang, Senin (29/10). Pihaknya akan menerbitkan surat ke Dinas Dukcapil di daerah agar melakukan proses cepat.

"Kalau korban dalam mengurus di daerah nanti ada kesulitan, bisa langsung menghubungi saya sebagai Dirjen Dukcapil selaku penanggung jawab akhir layanan," katanya.

Hingga hari ini, ada 95 korban pesawat rute Jakarta-Pangkalpinang yang teridentifikasi tim DVI Polri. Pesawat Lion Air JT 610 membawa total 189 penumpang dan kru.
(fdn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed