DetikNews
Jumat 16 November 2018, 11:10 WIB

Bercelana Jin, Jokowi Bicara di Masjid Al-Aqsha Merauke Usai Jumatan

Andhika Prasetia - detikNews
Bercelana Jin, Jokowi Bicara di Masjid Al-Aqsha Merauke Usai Jumatan Presiden Jokowi di Masjid Al-Aqsha Merauke, Papua. (Foto: dok. Istimewa)
Merauke - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Al-Aqsha Merauke, Papua. Usai salat Jumat, Jokowi mengingatkan masyarakat untuk menjaga persatuan.

"Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita menjaga, marilah kita merawat persaudaraan kita, ukhuwah islamiyah kita, ukhuwah wathaniyah kita karena aset terbesar bangsa ini adalah persatuan, aset terbesar bangsa ini adalah kerukunan. Tidak ada yang lain," ujar Jokowi kepada warga di Masjid Al-Aqsha Merauke, Papua, Jumat (16/11/2018).

Jokowi menitipkan pesan kepada masyarakat tidak saling berselisih, terutama karena pesta demokrasi yang digelar per lima tahunan. Apalagi Indonesia, kata Jokowi, diberikan karunia oleh Allah SWT dengan segala keberagaman.


"Jangan sampai karena pemilihan bupati, jangan sampai karena pemilihan wali kota, jangan sampai karena pemilihan gubernur, jangan sampai karena pemilihan presiden yang itu ada setiap 5 tahun kita menjadi terpecah karena perbedaan pilihan. Tidak boleh seperti itu," paparnya.

Presiden Jokowi menyapa warga di Masjid Al-Aqsha Merauke, Papua.Presiden Jokowi menyapa warga di Masjid Al-Aqsha Merauke, Papua. (Foto: dok. Istimewa)

Sebab menurutnya, Indonesia adalah bangsa yang besar dengan segala perbedaan yang dimilikinya. Jokowi tidak ingin adanya perselisihan karena perbedaan pandangan dan pilihan.

"Kita adalah saudara sebangsa dan setanah air, perbedaan ini biasa. Jangan sampai sekampung jadi berantem karena pemilihan bupati, jangan sampai di majelis taklim karena pemilihan presiden tidak saling menyapa," kata Jokowi.
(dkp/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed