DetikNews
Jumat 16 November 2018, 10:07 WIB

Direktur Lippo Cikarang Ju Kian Salim Dipanggil KPK soal Meikarta

Haris Fadhil - detikNews
Direktur Lippo Cikarang Ju Kian Salim Dipanggil KPK soal Meikarta Ilustrasi KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Penyidik KPK memanggil Direktur Lippo Cikarang Ju Kian Salim terkait kasus dugaan suap perizinan Meikarta. Dia dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Billy Sindoro.

"Dipanggil sebagai saksi untuk BS (Billy Sindoro)," kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Yuyuk Andriati kepada wartawan, Jumat (16/11/2018).

Selain itu, KPK menjadwalkan pemeriksaan 2 tersangka kasus ini. Mereka ialah Konsultan Lippo Group Fitra Djaja Purnama dan Kepala Dinas PUPR Pemkab Bekasi Jamaludin.




Dalam kasus ini, ada 9 orang yang ditetapkan KPK sebagai tersangka. Salah satunya Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin.

KPK menduga para tersangka dari jajaran Pemkab Bekasi menerima duit Rp 7 miliar. Uang tersebut diduga bagian dari commitment fee fase pertama senilai Rp 13 miliar.

Hingga kini, KPK terus menelusuri sumber dana yang diduga untuk suap. KPK juga menelusuri soal dugaan adanya penanggalan mundur dalam perizinan hingga dugaan proyek Meikarta dibangun sebelum perizinan rampung.

Direktur Lippo Cikarang Sudah Diperiksa

Nama Ju Kian Salim tercantum dalam jadwal pemeriksaan di KPK pada hari ini. Namun belakangan KPK menyampaikan bila yang bersangkutan sudah diperiksa kemarin.

"Ju Kian Salim ini saksi dari BS kasus dugaan tindak pidana korupsi suap perizinan Meikarta. Ini pemeriksaannya ternyata sudah dilakukan kemarin," kata Yuyuk.


Saksikan juga video 'Bos Lippo Group James Riady Diperiksa KPK':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed