DetikNews
Jumat 16 November 2018, 10:08 WIB

Musim Hujan Tiba! Begini 3 Kunci DKI Antisipasi Banjir Versi Anies

Arief Ikhsanudin - detikNews
Musim Hujan Tiba! Begini 3 Kunci DKI Antisipasi Banjir Versi Anies Foto: Anies dan Kapolda Metro cek kesiapan pasukan tanggap banjir (Arief/detikcom)
Jakarta - Musim hujan sudah tiba. DKI Jakarta, seperti biasanya, menghadapi ancaman tahunan berupa banjir. Seberapa siap Ibu Kota tahun ini?

"Musim penghujan adalah musim di mana kita harus mewaspadai karena Jakarta memiliki 13 sungai alami yang melewati kotanya. Tidak banyak kota di Pulau Jawa yang memiliki sungai sebanyak Jakarta. Dan itu artinya bila ada hujan yang lebat di hulu maupun di tengah, meskipun Jakarta tidak ada hujan, kita berpotensi untuk menghadapi ancaman banjir. Karena itu kita bersiap sekarang untuk menanggulanginya," kata Anies kepada wartawan Usai Apel Kesiapan Tanggap Musim Penghujan di Mapolda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta, Jumat (16/11/2018).


Anies meyakini seluruh elemen di DKI akan bekerja sama dengan baik untuk mengantisipasi banjir. Dia bicara tiga kata kunci mengantisipasi banjir.

"Ada tiga kata kunci yang harus disiapkan oleh kita semua, siaga, tanggap, galang, sehingga kita melewati musim penghujan ini dengan baik," ujarnya.


Anies mengapresiasi jajaran Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya soal kesiapan antisipasi banjir. Anies juga ingin warga terlibat dalam antisipasi banjir.

"Ada alat-alat yang dibuat oleh jajaran Polda yang bukan pabrikan, tapi karya tangan dari petugas-petugas kita. Ini bisa menjadi contoh yang nanti dimanfaatkan di warga," ujar mantan Mendikbud ini.


Saksikan juga video 'Soal Sungai dan Antisipasi Banjir, Begini Maunya Anies':

[Gambas:Video 20detik]


(tor/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed