DetikNews
Jumat 16 November 2018, 09:07 WIB

Penjelasan Kemhan Soal Kebakaran di Ruang Fitness

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Penjelasan Kemhan Soal Kebakaran di Ruang Fitness Mobil pemadam kebakaran di Kementerian Pertahanan (Foto: Muhammad Fida/detikcom)
Jakarta - Kebakaran sempat terjadi di Kementerian Pertahanan yang berasal dari heater sauna ruang fitness. Kapuskom Kemhan Brigjen Totok Sugiharto mengatakan api berasal dari korsleting listrik dan cepat dipadamkan.

"Terjadi korsleting listrik, di ruangan kan cuman 2x4 itu. (Padam) cepat, 30 menit selesai kok," kata Totok kepada detikcom, Jumat (16/11/2018).



Totok memastikan tidak ada kerusakan berarti. Dia juga mengatakan tidak ada korban akibat kebakaran tersebut.

"Belum sampai kebakaran hebat. Sistem (pemadam) di atas bekerja kok," ucapnya.



Sebelumnya, total ada 11 unit damkar yang diterjunkan untuk memadamkan kebakaran. Kebakaran padam sekitar pukul 07.02 WIB.

Saat ini, petugas pemadam kebakaran sudah meninggalkan kantor Kementerian Pertahanan. Jalur yang sempat disterilkan kini sudah dibuka kembali.

Kemhan kemudian memberikan penjelasan lebih lengkap melalui siaran pers sebagaimana berikut:

Sekitar pukul 04.15, Jumat (16/11), petugas jaga Kementerian Pertahanan yang terdiri dari petugas Fasbang, Satkam, dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kemhan menemukan kepulan asap di lantai 7 Ruang Sauna Gedung Pierre Tendean Kementerian Pertahanan yang berada di Jalan Tanah Abang Timur Jakarta Pusat.

Setelah petugas meyakinkan bahwa kepulan asap tersebut berasal dari ruang Sauna lantai 7, Petugas Damkar Kemhan mencari bantuan dengen menghubungi petugas Damkar Jakarta Pusat. Namun sebelum Petugas Damkar Pusat datang, alat pemadam otomatis (sprinkle) yang ada disekitar ruang Fitness dan Sauna mengeluarkan air secara otomatis.

Saat Petugas Damkar Jakarta Pusat datang, air dari sprinkle yang berada di lantai 7 mengalir turun menuju ke lantai dibawahnya hingga ke lantai 1 Gedung Pierre Tendean. Api dipastikan sudah tidak ada dan hanya asap yang tersisa di lantai 7 hingga mobil damkar Jakarta Pusat datang.

Mobil damkar Jakarta Pusat hanya berfungsi untuk menyedot kepulan asap yang keluar, bukan memadamkan asap atau api. Mobil damkar Jakarta Pusat lainnya yang datang ke lokasi kejadian sifatnya hanya mengantisipasi kemungkinan akan timbul percikan api atau kepulan asap semakin membesar.

Dari hasil laporan yang diterima petugas, tidak ada korban jiwa, namun kerugian material saat ini sedang ditinjau lebih lanjut.


(fdu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed