DetikNews
Kamis 15 November 2018, 23:05 WIB

Sandi akan Adopsi Kebijakan Swasembada Pangan Rezim Orde Baru

Mochamad Zhacky - detikNews
Sandi akan Adopsi Kebijakan Swasembada Pangan Rezim Orde Baru Foto: Indra Komara/detikcom
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno melihat ada beberapa kebijakan zaman Orde Baru yang baik untuk diadopsi. Jika berhasil menang Pilpres 2019, Sandiaga berencana mengadopsi kebijakan-kebijakan tersebut.

Ada dua kebijakan zaman Orde Baru yang menurut Sandiaga baik untuk diadopsi. Kebijakan yang dimaksud adalah soal swasembada pangan dan energi.

"Yang menurut saya yang bisa kita adopsi swasembada pangan. Swasembada pangan, swasembada energi. Kita juga lihat zaman Pak Harto produksi beras kita baik, produksi bahan-bahan pangan kita juga baik, itu bisa kita adopsi," kata Sandiaga saat ditemui di Blok M Square, Jakarta Selatan, Kamis (15/11/2018).


Sandiaga menilai kebijakan swasembada pangan dan energi era pemerintahan Soeharto lebih baik dari era Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kondisi itu, sambung Sandiaga, berimbas terhadap nilai tukar rupiah.

"Ada juga kebijakan energi, produksi minyak dan gas bumi juga cukup tinggi dibanding sekarang dan juga program-program substitusi impor. Karena sekarang rupiah lemah itu kan karena trade deficit. Trade deficit itu ekspor kita turun, impor kita naik. Nah, itu nanti yang akan kita adopsi," papar Sandiaga.


Namun Sandiaga mengimbau masyarakat agar tidak khawatir dengan rencana mengadopsi kebijakan Orde Baru itu. Mantan Wagub DKI itu memastikan tidak akan mengadopsi kebijakan yang merugikan rakyat.

"Ya kita sampaikan kan bahwa kita sudah melewati periode reformasi dengan sekarang demokrasi yang lebih baik, lebih banyak checks and balances, lebih banyak masyarakat civil society yang ikut partisipatif, kolaboratif, dan kita akan kawal demokrasi ini," ujar Sandiaga.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Titiek Soeharto mengungkit keberhasilan swasembada pangan zaman Orde Baru saat mengkampanyekan Prabowo di Cilegon. Ia meminta relawan melakukan kampanye, jika terpilih sebagai presiden, Prabowo akan meneruskan program-program yang telah dicapai Soeharto.

"Sebenarnya kita bisa swasembada asalkan mau, jadi kita berkampanye bahwa kita akan meneruskan program Pak Harto yang berhasil untuk menyejahterakan rakyat," kata Titiek di hadapan relawan pendukung Prabowo-Sandi di Cilegon, Rabu (14/11).
(zak/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed