DetikNews
Kamis 15 November 2018, 21:03 WIB

Kala Lingkungan Prabowo Disoal Megawati

Tsarina Maharani, Mochamad Zhacky, Gibran Maulana Ibrahim, Ahmad Bil Wahid - detikNews
Kala Lingkungan Prabowo Disoal Megawati Foto: Prabowo Subianto, Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo (Abdul Rosyid/detikcom)
Jakarta - Megawati Soekarnoputri merasa kasihan dengan Prabowo Subianto. Rasa kasihan Mega muncul saat Ketum PDI Perjuangan itu berbicara orang-orang di lingkungan pemimpin Partai Gerindra tersebut.

Mega mengaku heran dengan karakter orang-orang yang ada di sekitar Prabowo. Dia awalnya mengungkap hubungannya dengan Prabowo yang tak ada masalah, meski kini berada di kubu berbeda.

"Ndak pernah saya menghujat orang. Boleh cari di mana, ngomongin siapa-siapa, ndak. Sampai Pak Prabowo pun dengan saya hormat karena saya tidak pernah mengatakan hal-hal yang jelek. Pak Prabowo juga tidak pernah menjelekkan saya. Ndak pernah," ujar Megawati di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018).

"Kan kasihan ya. Kalau saya bilang, kasihan beliau. Kenapa orang di lingkungannya seperti begitu? Seakan-akan itu adalah orang di lingkungannya yang selalu menjalankan hal-hal yang buruk, yang mengkritisi pemerintah dengan cara yang menurut saya bukan kritikan positif," kata Mega.


Meski begitu, Megawati mengingatkan apa yang disampaikan harus dipahami secara menyeluruh. Sebab menurut dia, pidatonya kadang tak dipahami sesuai konteks karena disampaikan secara terpotong-potong. Dia siap mengklarifikasi kepada Prabowo bila ada pernyataannya yang disalahtafsirkan. Hubungan Megawati dan Prabowo cukup dekat mengingat keduanya pernah maju bersama saat Pilpres 2009.

Lalu, apa komentar kubu Prabowo mengenai pernyataan Mega yang menyoroti orang-orang di sekitar capres nomor urut 02 itu? Koordinator Jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan tak ada yang perlu dikasihani dari Prabowo.

"Nggak ada yang perlu dikasihani. Saya pikir yang jelas kita asyik-asyik saja. Nggak ada masalah sama sekali," sebut Dahnil.


Dahnil mengatakan tak ada persoalan di dalam tubuh koalisi Prabowo-Sandi. Ia pun menyebut selama ini tak ada keluhan dari sang capres.

"Nggak ada (Prabowo mengeluh). Beliau senang-senang saja. Ingat dulu misalnya Bu Megawati selalu menyanjung beliau. Kalau sekarang kan beda gitu," ucap Dahnil.


Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman menegaskan Prabowo dikelilingi orang berkualitas, bukan seperti yang dicapkan Mega. Habiburokhman menyebutkan nama-nama tokoh yang dianggapnya berkualitas, juga keren.

"Yang saya tahu, Pak Prabowo saat ini dikelilingi tokoh-tokoh berkualitas dan berintegritas yang sebagian besar berusia muda," ujar Habiburokhman.

"Siapa yang tidak kenal Dahnil Anzar Simanjuntak, sosok aktivis anti-korupsi. Siapa yang nggak kenal Said Iqbal sosok pemimpin buruh. Siapa juga yang tidak kenal Pak Sufmi Dasco Ahmad, pendekar hukum pembela rakyat lemah dan masih banyak tokoh tokoh lain. Insyaallah jalan kemenangan Pak Prabowo semakin mulus karena timnya dikelilingi orang-orang keren," sebut Habiburokhman.


Pasangan Prabowo di Pilpres 2019, Sandiaga Uno, tak ingin berprasangka buruk mengenai pernyataan Mega. Sandi menyebut hubungan Prabowo dan Mega selama ini terjalin baik.

"Kami husnuzan (prasangka baik) saja bahwa itu pengingat dari Presiden ke-5 kita yang kita hormati. Pak Prabowo juga menghormati beliau, pendapat beliau sangat menjadi referensi kami," kata Sandiaga.
(gbr/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed