DetikNews
Kamis 15 November 2018, 15:16 WIB

Serapan Anggaran Rendah, Kadis SDA DKI Bicara soal Pembebasan Lahan

Zunita Amalia Putri - detikNews
Serapan Anggaran Rendah, Kadis SDA DKI Bicara soal Pembebasan Lahan Foto: Kepala Dinas SDA DKI Teguh Hendarwan. (Zunita-detikcom)
Jakarta - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta dapat rapor merah penyerapan anggaran. Kepala Dinas SDA DKI Teguh Hendarwan menjelaskan salah satu faktornya karena masalah pembebasan lahan.

"Penyerapan rendah SDA salah satu faktor dominan adalah masalah pembebasan lahan, jadi kalau yang untuk pembangunan infrastruktur kita punya dicatat anggaran 2018 Rp 4,5 triliun, 40 persen anggaran pembebasan lahan, makanya kita kejar kebetulan kemarin ada penggantian pejabat lahan, baru kemarin pelantikan," kata Teguh di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018).


Penyerapan anggaran Dinas SDA DKI Jakarta baru mencapai 30,37 persen hingga hari ini. Dia optimistis penyerapan anggaran di dinasnya akan mencapai 80 persen pada akhir tahun.

"Mudah-mudahan dengan sisa waktu 1 bulan ini bisa kita kejar untuk penyerapan anggaran karena Gubernur sudah menargetkan untuk kami harus di atas 80 persen. Kalau ini bisa kita kejar dalam waktu sebulan untuk lahan, katakanlah target bisa terealisasi, saya masih optimistis kok, sekarang kami lagi kerja keras," ujarnya.

Dia juga mengatakan pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) terkait masalah pembebasan lahan tersebut.

"Makanya kemarin saat dikumpulkan Gubernur, kita minta dukungan Gubernur untuk percepatan ini. Sekarang kita lagi koordinasi lagi dengan BPN Timur, Selatan terkait masalah pembebasan lahan ini," ujarnya.


Dinas SDA punya rapor merah soal serapan anggaran tahun 2018. Tercatat, penyerapan anggaran keuangan Dinas Sumber Daya Air cuma sebesar 29,9 persen.

Dilihat detikcom, Senin (12/11/2018), situs resmi milik DKI yakni publik.bapedadki.net merinci serapan anggaran tiap SKPD DKI. Baik-tidaknya serapan anggaran ditandai dengan warna. Hijau merujuk serapan anggaran yang baik (91%-100%). Sementara warna merah menunjukkan buruknya serapan anggaran (<50%).

Berikut 7 SKPD DKI dengan serapan paling rendah

Dinas Sumber Daya Air (SDA): 29,9%
Dinas Pemuda dan Olahraga: 41,8%
Dinas Bina Marga: 44,4%
Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan: 46,6%
Badan Pengelola Aset Daerah: 50,4%
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan: 54,2%
Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo: 55,3%


Saksikan juga video 'Sri Mulyani 'Sentil' Budi Karya soal Serapan Anggaran dan Kinerja':

[Gambas:Video 20detik]


(zap/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed