DetikNews
Kamis 15 November 2018, 14:26 WIB

Kadis SDA Minta Izin Anies Bongkar Waring Kali Item untuk Turap

Zunita Amalia Putri - detikNews
Kadis SDA Minta Izin Anies Bongkar Waring Kali Item untuk Turap Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendrawan (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Waring Kali Item dibongkar untuk membangun sheet pile atau turap. Pencopotan waring sudah seizin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Saya sudah bersurat dengan Pak Gubernur, mohon izin waring hitam kita cabut agar selesai untuk pembangunan sheet pile untuk sisi kanan dan sisi kirinya," ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendrawan di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018).

Pembangunan turap ditargetkan selesai tahun ini. Sebab, anggaran tahun ini untuk alokasi normalisasi sungai harus dioptimalkan.





"Makanya waring sudah kita cabut karena kita sudah kontrak pelaksanaan sudah mulai jalan bertahap dan tahun ini harus sudah selesai. Pembangunan normalisasi sarana kali karena ada anggaran Rp 369 miliar," jelasnya.

Pembangunan sheet pile harus lebih dulu dilakukan pengerukan. Namun Teguh menjelaskan pembangunan sheet pile di Kali Item ini membutuhkan proses, mengingat tanah di kali tersebut rawan longsor.






Turap akan dibangun sepanjang 5 kilometer dan akan berakhir di depan Wisma Atlet. Dia menargetkan pembangunan sheet pile ini akan selesai pada 15 Desember 2018.

"Nanti finalnya di Wisma Atlet sampai dengan batas jembatan sekolah. (Panjang pembangunan sheet pile) kalau di situ kanan dan kiri sekitar 5 kilometer kurang-lebih," katanya.
(zap/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed