DetikNews
Kamis 15 November 2018, 11:43 WIB

Satgas Pangan Pastikan Stok Sembako Cukup untuk Natal-Tahun Baru

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Satgas Pangan Pastikan Stok Sembako Cukup untuk Natal-Tahun Baru Satgas Pangan Polri menggelar rapat dengan sejumlah instansi dalam persiapan menghadapi hari raya Natal. (Bil Wahid/detikcom).
Jakarta - Kasatgas Pangan sekaligus Kabareskrim Polri Komjen Arief Sulistyanto memastikan stok sembako masih cukup menjelang Natal dan tahun baru 2019. Stok beras saat ini mencapai 2,5 juta ton.

"Pasokan sembako stok cukup, beras juga 2,5 juta ton cukup, di DKI 50 ribu ton itu sudah di atas batas aman sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Kami tinggal menjaga saja," kata Arief di aula Bareskrim Polri, gedung KKP, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018).
Arief mengatakan dengan kecukupan stok itu maka Satgas Pangan tinggal berkoordinasi dengan distributor dan pedagang. Hal itu agar tak terjadi gejolak di pasaran.

"Kalau stok cukup distribusi lancar, otomatis ketersediaan di pasar kami tinggal koordinasi dengan para pengusaha, distributor dan pedagang retail. Kami pastikan semua kebutuhan masyarakat sudah terpenuhi sehingga tidak ada terjadi gejolak," ujarnya.

Selain itu, pihaknya sudah melakukan pengawasan terhadap penyaluran sembako maupun BBM. Polri akan menindak tegas oknum yang mencoba menimbun dan menyalahgunakan komoditas tersebut.

"Selama ini pengawalan sudah berjalan, apabila ada penyimpangan pasti dilakukan penindakan, contohnya BBM subsidi dan BBM industri harganya kan berbeda, penyimpangan itu lah yang akan kita temukan, jangan sampai BBM subsidi digunakan untuk industri," ucapnya.
(abw/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed