detikNews
Kamis 15 November 2018, 10:09 WIB

Dubes Maftuh Bicara soal Kedekatannya dengan Dubes Saudi

Andhika Prasetia - detikNews
Dubes Maftuh Bicara soal Kedekatannya dengan Dubes Saudi Dubes RI untuk Saudi Agus Maftuh Abegebriel (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, mengungkapkan hubungan bilateral kedua negara pada tingkat tinggi atau high level diplomacy. Agus menceritakan komunikasinya dengan Dubes Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi cukup intens.

"Sebelum memberikan penjelasan tentang masalah haji Palestina, hukuman mati, dan tentang Habib Rizieq, Dubes Osama mengawali dengan menyampaikan beberapa hal terkait posisi level hubungan bilateral Saudi dan Indonesia yang berada pada tingkat tertinggi," ujar Agus dalam keterangan tertulis, Kamis (15/11/2018).


Pernyataan tersebut disampaikan Agus untuk menanggapi pernyataan Osama yang menyebut hubungan bilateral Indonesia-Saudi. Pada level komunikasi antar-dubes, Agus dan Osama selalu berkomunikasi terkait kebijakan atau isu mengenai warga negara Indonesia di Saudi atau sebaliknya.

"Osama juga mengatakan bahwa segala bentuk kebijakan dan keputusan terkait bangsa Indonesia dan Saudi selalu berkomunikasi dan diskusi dengan Duta Besar RI, Agus Maftuh Abegebriel, yang berada di KBRI Riyadh," kata Agus.

Dubes Arab Saudi untuk RI Osama bin Mohammed Abdullah Al ShuabiDubes Arab Saudi untuk RI Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuabi (Grandyos Zafna/detikcom)

Agus kemudian menyampaikan pernyataan Osama mengenai hubungan bilateral Saudi-Indonesia. Osama menyampaikan hal tersebut dalam jumpa pers di Kantor Pusat Dakwah PP Muhammadiyah di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (13/11). Berikut ini isi pernyataan Osama yang disampaikan Agus:

Tahun-tahun ini, hubungan Saudi-Indonesia telah mengalami banyak peningkatan di bidang ekonomi dan adanya kunjungan beberapa delegasi kedua negara, dan yang terbaru adalah kunjungan Menlu Saudi ke Indonesia.

Saya sampaikan kabar gembira bahwa hubungan kita melampaui hubungan dengan negara-negara manapun di seluruh dunia. Oleh karena itu tidak ada pengambilan satu keputusan apapun yang terkait dengan bangsa Saudi dan Indonesia kecuali saya sudah berkomunikasi dan berdiskusi dengan saudara saya Agus Maftuh Abegebriel, Dubes RI di Riyadh.

Beliau adalah orang yang sangat memahami permasalahan dan orang yang berpandangan luas dan selalu berupaya untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Dan inilah yang saya lakukan bersama Dubes Agus Maftuh, yaitu bekerja sama untuk meningkatkan hubungan menjadi hubungan pada level yang tertinggi dan Alhamdulillah faktanya hubungan bilateral tersebut sudah berada posisi tertinggi dalam bidang ekonomi, politik dan agama.


Kembali ke Agus Maftuh. Ia menyebut memiliki hubungan secara personal yang baik dengan Osama. Ia memberikan analogi 'diplomatical miracle' terkait kedekatannya dengan Osama.

"Saya sangat dekat dengan YM Osama karena ada irisan takdir yang tertoreh di diri kami berdua. Nama istri dan mertua sama, ini adalah diplomatical miracle, keajaiban diplomatik yang mendekatkan hubungan personal kami," terang Agus.


Saksikan juga video 'Dubes Indonesia untuk Saudi: Jemaah Haji Kita Paling Tertib':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed