DetikNews
Rabu 14 November 2018, 22:34 WIB

Temuan LSI: Pengaruh Rizieq Merosot, Amien Rais Menipis

Marlinda Oktavia Erwanti, Zunita Amalia Putri - detikNews
Temuan LSI: Pengaruh Rizieq Merosot, Amien Rais Menipis Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom
Jakarta - Lima ulama dianggap paling berpengaruh karena imbauannya didengarkan masyarakat. Karena pengaruhnya, kelima ulama juga bisa membawa pengaruh elektoral.

Kelima ulama tersebut adalah Ustaz Abdul Somad (UAS), Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansur, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan Habib Rizieq Syihab. Data ini berdasarkan hasil survei LSI Denny JA.

Khusus untuk Habib Rizieq, survei menunjukkan perbandingan tingkat pengaruh pada 2016 dan 2018. Tingkat pengenalan Habib Rizieq pada memang naik pada Oktober 2018, yakni 53,4 persen, dibanding pada Desember 2016, yakni 48,7 persen.





Tingkat kesukaan terhadap Habib Rizieq pada Oktober 2018 sebesar 52,9 persen, sedangkan pada Desember 2016 mencapai 67,3 persen.

Responden dalam survei juga ditanya apakah akan mengikuti imbauan Rizieq. Pada Desember 2016, angkanya sebanyak 31,4 persen, sedangkan pada Oktober 2018 sekitar 17,0 persen.

"Jadi kemerosotan ini karena beberapa hal, yaitu sudah tidak lagi di Indonesia dan mungkin dicitrakan bermasalah secara hukum, kemudian memiliki resistensi kepada beberapa kelompok tertentu," kata peneliti LSI Ikrama Masloman di kantor LSI, Graha Dua Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (14/11/2018).





Survei ini dilakukan pada 10-19 Oktober 2018 menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200, melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini kurang-lebih 2,8 persen.

Soal survei ini, FPI menyampaikan tanggapan. FPI menyanggah survei LSI Denny JA

"LSI (kok) didengerin. Survei berbayar itu, hasil sesuai yang order," kata kuasa hukum FPI Munarman saat dimintai tanggapan.

Munarman menyebut Habib Rizieq tak mencari-cari peringkat dalam survei LSI. Dia mengatakan Habib Rizieq semata-mata berjuang untuk mendapatkan rida Allah SWT.

"Habib Rizieq mencari ridho Allah SWT, bukan mencari popularitas, apalagi peringkat oleh LSI," tutur Munarman.

Selain para ulama tersebut, LSI Denny JA juga memasukkan nama Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dalam survei. Amien Rais--sebagaimana hasil survei--dikenal masyarakat tapi suaranya mempengaruhi suara pemilih pada Pilpres 2019.

"Amien Rais adalah salah satu tokoh agama yang paling sering muncul ke publik dengan berbagai aksi dan komentarnya. Secara popularitas, Amien Rais adalah tokoh agama yang paling dikenal. Mereka yang mengaku mengenal Amien sebesar 83,1 persen. Namun dari angka tersebut, hanya 57,2 persen yang menyatakan suka pada sosok Amien," kata Ikrama.

Sementara itu, yang menyatakan akan mendengarkan imbauan Amien hanya 9,4 persen.




"Dan mereka yang menyatakan mendengar imbauan Amien Rais hanya 9,4 persen. Popularitas Amien yang tinggi memang tidak sebanding dengan kekuatan pengaruhnya saat ini," ujar Ikrama.

Soal survei ini, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo mengatakan Amien Rais memiliki segmen tersendiri, khususnya di kalangan PAN dan Muhammadiyah.

"Beberapa tokoh paling elite di pemerintah meminta waktu bertemu dan berdiskusi dengan Pak Amien. Padahal beliau bukan pejabat negara. Jadi survei tersebut nggak ngaruh-lah. Survei LSI kan tidak selalu tepat, apalagi sudah bukan rahasia lagi LSI menjadi surveyor/konsultan politik," ujar Dradjad.
(fdn/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed