DetikNews
Rabu 14 November 2018, 22:27 WIB

Usai Penurapan, Dinas SDA DKI akan Keruk Kali Item

Eva Safitri - detikNews
Usai Penurapan, Dinas SDA DKI akan Keruk Kali Item Kali Item (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta berencana mengeruk Kali Item. Pengerukan Kali Item akan dilakukan setelah penurapan selesai.

"Kalau sudah di-sheetpile, mungkin nanti ada pengerukan. Karena kan kalau sekarang saya belum berani pengerukan nih, takut roboh. Soalnya, sekarang kan temboknya hanya pakai batu kali dan langsung bebannya jalanan umum," kata Kasi Operasi dan Pemeliharaan Bidang Aliran Timur Dinas SDA DKI Adrian Mara Maulana di kantornya, Jalan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (14/11/2018).




Adrian menuturkan tujuan pengerukan Kali Item adalah agar endapan lumpur terkuras dan aliran menjadi lancar. Pengerukan itu, sambung Adrian, merupakan rencana jangka panjang Dinas SDA DKI.

"Dampak pengerukan itu, jadi begini, kan pengendapan lumpur banyak. Kalau lumpur semakin banyak, berarti intensitas air berkurang karena mengendap. Kalau lumpur kita keruk, berarti lancar tuh air dari hulu ke hilirnya," papar Adrian.

"Intinya, pengerukan itu untuk mengurangi banjir dan mengurangi pengendapan lumpur," imbuhnya.




Sebelumnya, Adrian mengatakan penurapan Kali Item akan dilakukan secara bertahap. Prosesnya akan berjalan setelah pembuatan turap di sejumlah kali selesai.

"Kan sekarang lagi sheetpile-nya di Kali BGR (Boulevard Gading Raya) yang di Kelapa Gading, terus ke Kali Cempaka Mas, nanti sampai ke sini (Kali Item)," jelasnya.
(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed