DetikNews
Rabu 14 November 2018, 18:59 WIB

Jokowi Bicara Isu Palestina hingga Semenanjung Korea di KTT ASEAN

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jokowi Bicara Isu Palestina hingga Semenanjung Korea di KTT ASEAN KTT ASEAN (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)
Singapura - Presiden Jokowi memanfaatkan KTT Ke-33 ASEAN untuk membahas isu-isu internasional, seperti Palestina hingga Semenanjung Korea. Jokowi menegaskan posisi Indonesia yang mendukung perdamaian di Semenanjung Korea.

"Indonesia mendukung sepenuhnya proses perdamaian ini. Pesan dukungan ini telah disampaikan secara konsisten antara lain pada saat pertemuan saya dengan PM Korea Selatan dan Utusan Khusus Korea Utara menjelang pembukaan Asian Games pada 18 Agustus lalu," kata Jokowi di lokasi KTT ASEAN, Suntec Convention Centre, Singapura, seperti dalam keterangan tertulis dari Biro Pers Sekretariat Kepresidenan, Rabu (14/11/2018).



Menurut Jokowi, inisiasi perdamaian di Semenanjung Korea merupakan upaya Presiden Korea Selatan Moon Jae In. Bagi Jokowi, perdamaian di Semenanjung Korea adalah harapan di tengah ketidakpastian situasi dunia.

"Harapan baru tersebut tidak akan terjadi jika tidak terdapat tekad kuat Presiden Moon untuk mengupayakan perdamaian," ujar Jokowi.



Di sesi terpisah, Jokowi melakukan pertemuan dengan PM Australia Scott Morrison saat Informal Breakfast Summit. Jokowi mengajak Australia turut berkontribusi menyelesaikan masalah di Palestina.

"Presiden kembali mengajak Australia berkontribusi dalam perdamaian Palestina-Israel yang adil berdasarkan prinsip-prinsip two states solution," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.
(bag/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed