DetikNews
Rabu 14 November 2018, 15:13 WIB

Jalan Non-tol Bali Utara-Selatan akan Jadi Destinasi Wisata Baru

Aditya Mardiastuti - detikNews
Jalan Non-tol Bali Utara-Selatan akan Jadi Destinasi Wisata Baru Koster menekan tombol proyek jalan Bali Utara-Selatan. (dita/detikcom)
Denpasar - Jalan baru dari Denpasar ke Singaraja, Bali, sudah mulai dibangun. Selain mempersingkat waktu tempuh, rute ini bakal menjadi destinasi baru pariwisata di Bali.

"Saya kira apa yang dijelaskan tadi selain waktu tempuh dari 2,5 jam menjadi 1 jam, kemudian dari jalan tidak lagi berkelok-kelok yang bikin mabuk kemudian juga akan melewati pemandangan yang sangat bagus. Bagi orang yang suka investasi ekonomi ada satu titik yang bisa jadi pusat-pusat kegiatan ekonomi kerakyatan, " kata Gubernur Bali Wayan Koster seusai groundbreaking di Desa Pegayaman, Buleleng, Bali, Rabu (14/11/2018).

Koster menambahkan jalan pintas ini merupakan jalan non-tol dengan mempertahankan jalan utama yang sudah ada.

"Ini jalan non-tol, kalau (dibuat) tol nanti ekonomi kerakyatan nggak hidup dia, kalau begini ada warung makan, warung kopi, bisa," ucapnya.

Ke depan, di rute shortcut ini juga bakal dilengkapi rest area. Koster menambahkan ada salah satu titik yang menyuguhkan pemandangan yang cantik.

"Nanti akan ada rest area, ada titik bagus di Danau Beratan di Bedugul," ujarnya.

Pembangunan proyek shortcut Denpasar-Singaraja ini dimulai dengan groundbreaking di titik 5 dan 6 yang terletak di Desa Pegayaman, Buleleng. Rencananya, di rute ini bakal dibuatkan jembatan sepanjang 210 meter dengan lebar 14 meter.

Tak hanya itu, sisi kanan dan kiri rute ini juga bakal dibentuk terasering dengan hydroseeding dan sistem drainase. Pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kementerian PUPR memastikan, dengan sistem drainase tersebut, jalan pintas itu bebas dari genangan.
(ams/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed