Serem, Harimau Liar Main-main ke Ruko Pasar di Inhil Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 14 Nov 2018 15:02 WIB
Ilustrasi (dikhy/detikcom)
Pekanbaru - Harimau liar sumatera dari kawasan hutan main-main ke kawasan rumah toko (Ruko) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau. Warga diminta waspada.

"Lokasi tempat harimau itu berada di lorong ruko yang sempit di Pasar Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Inhil. Kejadiannya tadi pagi," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono kepada detikcom, Rabu (14/11/2018).

Haryono menjelaskan, harimau sumatera ini terjebak dalam lorong ruko yang sempit. Sehingga harimau tersebut hanya hilir mudik di lokasi tersebut.

"Kami sudah koordinasi dengan camat, dan pihak TNI/Polri di sana, agar lokasi dapat diamankan," kata Haryono.

Masih menurut Haryono, pihaknya mengharapkan agar aparat dapat menjauhkan warga dari lokasi tersebut. Sebab, bila masyarakat semakin banyak menonton kondisi harimau bisa mengalami stres.

"Kami mengharapkan aparat dapat mencegah warga untuk menjauh dari lokasi tersebut. Harimau bisa stres bila menjadi tontonan warga," kata Haryono.

Di lorong ruko yang sempit itu, kini sudah dipasang jaring dan kayu. Ini guna menghindari agar harimau tidak melarikan diri.

"Kita sudah meminta tim di sana untuk memasang jaring dan kayu. Kita mengharapkan jangan ada pihak yang mengganggunya. Bila perlu harimau tersebut dikasih umpan makan agar tetap di lokasi," tutup Haryono. (cha/asp)