DetikNews
Rabu 14 November 2018, 14:12 WIB

Mendagri Minta Mundurnya Bupati Indramayu Tak Jadi Preseden Buruk

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Mendagri Minta Mundurnya Bupati Indramayu Tak Jadi Preseden Buruk Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta mundurnya Bupati Indramayu Anna Sophanah agar tidak menjadi preseden buruk kepala daerah lainnya. Jika mundur karena masalah keluarga, menurut Tjahjo, semua orang memiliki masalah keluarga.

"Kemarin saya undang khusus, jangan sampai ini jadi preseden semua kepala daerah. Ini kan prosesnya (untuk jadi kepala daerah) panjang. Mengusulkan, ada kampanye, pilkada, rakyat memilih, setelah itu jadi," kata Tjahjo di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (14/11/2018).


Tjahjo mengatakan tidak masalah jika kepala daerah mundur karena suatu halangan yang sifatnya tetap. Di antaranya mundur karena sakit atau terkena suatu kasus.

"Ini kan (Bupati Anna) tidak, mundurnya karena masalah keluarga. Tiap orang punya masalah keluarga," ujarnya.

Namun setelah bertemu langsung dengan Anna, Tjahjo mengaku dapat memahami sebab mundurnya Anna karena alasan keluarga.


"Kami memahami beliau begitu terpukul menyangkut ibunya, ayahnya, suaminya juga sakit. Ini manusiawi ya setiap orang, setiap warga negara termasuk pejabat publik yang dipilih rakyat juga punya hak (untuk mundur)," tuturnya.

Tjahjo menegaskan, undang-undang tidak mengatur terkait adanya pemberian sanksi terhadap kepala daerah yang mundur. Mundurnya kepala daerah karena masalah keluarga juga baru kali ini terjadi.

"Baru pertana kali. Makanya kalau berhenti kan harusnya kalau dia (disebabkan) mohon maaf, meninggal dunia, mungkin dia sakit, ada masalah hukum. Ini kan enggak," ucapnya.

"Dia satu periode sukses loh membangun image (citra) Indramayu. Baru terpilih kembali. Makanya saya kemarin undang kembali, tegaskan, kenapa sih (mundur)," imbuhnya.
(nvl/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed