DetikNews
Rabu 14 November 2018, 14:08 WIB

Pesawat Suami Nina Zatulini Balik ke Makassar, Ini Kata Wings Air

Jabbar Ramdhani - detikNews
Pesawat Suami Nina Zatulini Balik ke Makassar, Ini Kata Wings Air Ilustrasi pesawat Wings Air (Foto: Chaidir/detikTravel)
Jakarta - Pesawat Wings Air rute penerbangan Makassar-Kolaka kembali ke bandara setelah terbang. Wings Air kemudian memberi penjelasan soal penyebabnya.

Informasi soal pesawat Wings Air IW-1206 ini awalnya diungkapkan oleh suami artis Nina Zatulini, Chandra Tauphan Ansar lewat Instagram Story. Dia menyebut pesawat putar balik setelah 30 menit terbang. Chandra menyebut pesawat rusak dan sempat miring.

Wings Air kemudian memberi penjelasan. Pesawat IW-1206 itu kembali ke Makassar karena masalah teknis.

"Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base/RTB), dikarenakan technical yang harus segera dilakukan pengecekan," kata Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (14/11/2018).

Danang mengatakan hal ini sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Pesawat juga telah diperiksa sebelum terbang (pre-flight check) ke Kolaka.

Pesawat dengan nomor penerbangan IW-1206 itu lepas landas dari Makassar pukul 08.00 Wita, sesuai jadwal penerbangan. Pesawat itu membawa 65 penumpang beserta dua pilot dan dua pramugari.

Pesawat mendarat dengan sempurna di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, pukul 09.00 Wita. Penumpang langsung dibawa menuju ruang tunggu terminal. Sementara pilot dan teknisi langsung berkoordinasi dalam penanganan pesawat.

Selanjutnya penumpang diterbangkan ke Kolaka menggunakan pesawat lainnya. Pesawat mendarat dengan aman.

"Wings Air telah menerbangkan kembali seluruh penumpang dengan nomor IW-1206D pukul 11.05 Wita, menggunakan pesawat Wings Air lainnya yaitu ATR 72-500 registrasi PK-WGF. Pesawat sudah tiba di Kolaka pukul 12.10 Wita," ucap Danang.

"Saat ini, pesawat tersebut sudah kembali mengudara dari Kolaka menuju Makassar pukul 12.25 Wita dengan nomor penerbangan IW-1207. Pesawat telah mendarat pukul 13.16 Wita di Makassar," imbuhnya.

Chandra Tauphan Ansar lewat Instagram Story menyampaikan pengalaman terbang dalam pesawat Wings Air ini. Suami artis Nina Zatulini itu mengatakan pesawat mesti putar balik setelah terbang sekitar 30 menit.

"Allahuakbar barusan penerbangan saya menuju daerah pomala kolaka tiba tiba pesawatnya mutar balik padahal sudah 30 menit terbang. Ternyata pesawatnya rusak, pantas selama perjalanan kenapa goyangnya aneh, pesawatnya miring sebelah padahal cuacanya bagus. Dear @lionairgroup jangan paksakan berangkat kalo armadanya mengalami kerusakan," tulis Chandra seperti dilihat hari ini.


Saksikan juga video 'Pesawat Lion Air yang Ditumpangi Suami Nina Zatulini Rusak':

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed