DetikNews
Rabu 14 November 2018, 13:58 WIB

DPRD Indramayu Setujui Bupati Mundur, Mendagri Tunggu Surat Gubernur

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
DPRD Indramayu Setujui Bupati Mundur, Mendagri Tunggu Surat Gubernur Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan DPRD Kabupaten Indramayu telah menyetujui pengunduran diri Bupati Anna Sophanah. Kini Tjahjo menunggu surat dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk nantinya menunjuk bupati definitif, dari wakil bupati.

"Sudah ada keputusan DPRD, paripurna yang menyetujui pengunduran diri bupati. Hasil keputusan paripurna DPRD Indramayu sudah dikirimkan oleh ketua DPRD ke gubernur. Saya menunggu saja surat dari gubernur. Begitu kami dapat suratnya, mekanismenya nanti wakil bupati kita buatkan surat keputusan sebagai bupati definitif," kata Tjahjo di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (14/11/2018).


Setelah bupati definitif ditunjuk, nantinya partai pengusung Anna akan menyerahkan nama calon wakil bupati. Tjahjo mengatakan saat ini Anna masih menjabat sebagai bupati.

"Soal kapan (diganti) kami tunggu surat dari guberbur. Selama belum ada SK ya sekarang ibu Anna masih terus menjabat sampai ada SK (penggantian)," ujarnya.


Anna Sophanah mundur dari jabatannya karena masalah keluarga. Dia menepis pengunduran diri ini karena isu terkait masalah di KPK.

"Oh, nggak ada sama sekali (karena desas-desus di KPK). Ini murni karena keluarga. Terus terang Pak Menteri, saya nggak bisa bagi waktu, apalagi Pak Yance (suami Anna, red) sekarang sakit. Dan saya ingin fokus agar penyesalan ketika ibu meninggal tidak ada lagi (penyesalan)," ujar Anna di Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7, Jakarta Pusat, Selasa (13/11).


Saksikan juga video 'Bupati Indramayu Mendadak Undur Diri, Paripurna DPRD Menyetujui':

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed