DetikNews
Rabu 14 November 2018, 12:16 WIB

Soetrisno Bachir ke Peluncuran Buku Ma'ruf, PAN: Nggak Masalah

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Soetrisno Bachir ke Peluncuran Buku Maruf, PAN: Nggak Masalah Peluncuran buku tentang pemikiran Ma'ruf Amin. Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Mantan Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir berharap pemikiran cawapres Ma'ruf Amin yang tertuang dalam buku 'Arus Baru Ekonomi Indonesia' bisa dijalankan. PAN yakin harapan itu tak menunjukkan sikap politik Soetrisno.

"Sampai sekarang belum ada pernyataan Mas Tris mendukung Pak Jokowi secara terang-terangan atau mengatasnamakan itu. Kalau persoalan ekonomi, Mas Tris kan memang ahli ekonomi, kan dia juga pengusaha. Kalau bersama pemikiran itu nggak ada masalah itu," ujar Ketua DPP PAN Yandri Susanto saat dihubungi, Rabu (14/11/2018).



Buku tersebut bukan ditulis oleh Ma'ruf Amin, melainkan sejumlah penulis yang terinspirasi dari pemikiran Rais Aam PBNU tersebut. Soetrisno yang hadir tadi malam kemudian memberikan testimoni dan berharap pemikiran Ma'ruf bisa dijalankan.

"Iya (bukan sikap politik). Sama kalau program-program Pak Jokowi kalau bagus ya kita dukung. Mana yang nggak kita dukung. Tapi persoalan sikap politik itu beda lagi," imbuhnya.

Yandri juga meyakini Soetrisno yang juga Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) itu tak akan mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Sebab, sejak awal, Soetrisno lah yang menyarankan PAN untuk tak bergabung dengan koalisi Jokowi.



"Kalau Mas Tris itu sekitar 6 bulan yang lalu itu kan sering diskusi sama saya, Bang Zul. Justru Mas Tris itu yang menyarankan supaya PAN itu nggak mendukung Pak Jokowi. Karena menurut Mas Tris Pak Jokowi itu kurang dengan umat. Masa sih Mas Tris hanya karena dukung 212, Mas Tris sudah jarang diundang di kabinet. Mas tris ngomongnya begitu," bebernya.

"Membantu konsumsi saja sudah dikucilkanlah istilahnya Mas Tris begitu. Udah nggak diundang lagi, nggak dianggep lagi sebagai Ketua KEIN. Jadi Mas Tris nyarankan kepada kita supaya nggak dukung Pak Jokowi. Dan saya percaya itu dengan melihat track record dan kredibilitas Mas Kris. Jadi kalau hari ini kecenderungan dia ke sana saya nggak yakin," sambung Yandri.

Soetrisno Bachir menghadiri peluncuran buku 'Arus Baru Ekonomi Indonesia' yang berisi tentang pemikirannya. Dia kemudian memberikan testimoni. Dia berharap pemikiran Ma'ruf bisa dijalankan.

"Mudah-mudahan pemikiran Pak Kiai sejalan dengan KEIN, yang menunjukkan Indonesia Emas 2045 tercapai jika terjadi arus baru. Arus baru yang dimaksud tadi kitanya sendiri dari umat Islam, yang jumlahnya mayoritas, bisa berperan aktif. Insyaallah dengan ridho Allah SWT, pemikiran Pak KH Ma'ruf bisa dijalankan," ungkap Soetrisno, di Hotel Grand Sahid, Jakarta Selatan, Selasa (13/11).

Sebelumnya, soal Soetrisno yang mendukung Jokowi juga pernah menyeruak. Saat itu, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amin Rais menyatakan mantan Ketua Umum PAN itu mendukung Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

"Ya ternyata Pak Soetrisno Bachir menyebrang ke Jokowi. Ya nggak apa-apa ya," kata Amien usai menghadiri pembekalan caleg PAN di Hotel Grand Paragon, Jakarta Barat, Minggu (16/9).
(mae/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed