detikNews
Selasa 13 November 2018, 17:15 WIB

Dubes Saudi Tepis Isu Jemaah Palestina Dilarang Berhaji

Zunita Putri - detikNews
Dubes Saudi Tepis Isu Jemaah Palestina Dilarang Berhaji Dubes Saudi jumpa pers bersama PP Muhammadiyah. Foto: Zunita Putri/detikcom
Jakarta - Dubes Saudi untuk RI Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi mendengar isu soal Negaranya menghalangi jemaah Palestina berhaji. Osama menegaskan isu itu hanya isapan jempol belaka.

"Salah satu poin atau masalah adalah rumor berita berkaitan masalah haji Palestina, di mana berita ini rumor internasional. Sebenarnya berita ini tidak benar dan tak ada keabsahannya karena diambil sumber yang tidak benar. Rumor yang kami maksud adalah pelarangan sebanyak 1 juta warga Palestina untuk melaksankan haji ke Mekah," ujar Osama melalui penerjemah resmi dalam konferensi pers di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakpus, Selasa (13/11/2018).


Dia menegaskan isu itu dihembuskan media yang tak kredibel. Osama mengapresiasi Muhammadiyah yang tabayyun soal isu tersebut. Osama menjelaskan logika sesat isu tersebut.

"Saya sampaikan kepada PP Muhammadiyah. Kita analogikan penduduk Indonesia yang sekitar 220 juta lebih hanya memiliki kuota haji 220 ribu jemaah. Dengan analogi tadi, jumlah 220 juta kemudian 220 ribu jemaah, maka tidaklah logis kalau jumlah dari Palestina mencapai 1 juta. Dan kita ketahui bahwa jumlah penduduk Palestina sekitar 70 juta," ulas Osama.


Osama meminta Muhammadiyah membantu menepis hoax tersebut. Dia menegaskan Negaranya tak pernah menghalang-halangi jemaah Palestina berhaji.

Isu soal Saudi menghalangi jemaah haji dari Palestina ini dihembuskan media Middle East Monitor, yang berbasis di Inggris. Dalam salah satu beritanya, Middle East Monitor mengutip sejumlah sumber termasuk pejabat Yordania, yang menyebut Arab Saudi melarang warga Palestina di Yordania, Lebanon, Israel, dan Yerusalem Timur masuk ke negaranya menggunakan paspor sementara dari Yordania atau Libanon.


Simak Juga 'Indonesia-Saudi Terus Perjuangkan Kemerdekaan Palestina':

[Gambas:Video 20detik]



(tor/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed