DetikNews
Selasa 13 November 2018, 15:15 WIB

Bupati Indramayu Tepis Isu Mundur karena Masalah di KPK

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Bupati Indramayu Tepis Isu Mundur karena Masalah di KPK Mendagri Tjahjo Kumolo bertemu dengan Bupati Indramayu Anna Sophanah (dok. Kemendagri))
Jakarta - Bupati Indramayu Anna Sophanah mundur dari jabatannya karena masalah keluarga. Dia menepis pengunduran diri ini karena isu terkait masalah di KPK.

"Oh, nggak ada sama sekali (karena desas-desus di KPK). Ini murni karena keluarga. Terus terang Pak Menteri, saya nggak bisa bagi waktu, apalagi Pak Yance (suami Anna, red) sekarang sakit. Dan saya ingin fokus agar penyesalan ketika ibu meninggal tidak ada lagi (penyesalan)," ujar Anna di Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7, Jakarta Pusat, Selasa (13/11/2018).

"Mangga (silakan) tanyakan ke KPK karena kami sudah diperiksa dua tahun lalu," imbuh Anna saat dimintai konfirmasi soal isu dirinya menerima hadiah berupa mobil.


Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, yang sempat mengobrol dengan Anna, lalu menimpali. Tjahjo menyebut penjelasan Anna semakin menerangkan alasan pengunduran diri yang bersangkutan sebagai Bupati Indramayu.

"Jadi ini clear ya, tidak ada masalah hukum, tidak ada problem di daerah. Pengakuan ketua DPRD tertulis hanya murni masalah keluarga. Ingin sisa fokusnya ini di keluarga," sebut Anna.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono mengatakan Kemendagri butuh proses dalam menindaklanjuti pengunduran diri Anna. Sumarsono juga menyebut paripurna DPRD Indramayu telah menyepakati pengunduran diri Anna.

"Nah setelah 14 hari dihitung sejak surat diterima. Oleh karena itu, yang kita monitor adalah kapan Pak Gubernur bersurat kepada Mendagri terkait dengan surat pengunduran diri ibu bupati ini," tutur Sumarsono.


Tugas Anna sebagai bupati, kata Sumarsono, otomatis berhenti jika surat dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah diterima Kemendagri.

"Ukuran berhenti secara formal sejak SK itu diterima. Itu berhenti maka secara otomatis akan diberikan penegasan oleh Pak Mendagri bahwa wakil bupati akan melaksanakan tugas sebagai Plt bupati. Posisinya, Plt bupati sampai nanti dilantiknya bupati. Proses paripurna lagi di DPRD untuk kemudian mengangkat posisi wakil ini sebagai bupati pada saat SK bupati turun," tutur Sumarsono.


Saksikan juga video 'Bupati Indramayu Mendadak Undur Diri, Paripurna DPRD Menyetujui':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed