DetikNews
Selasa 13 November 2018, 12:46 WIB

Selidiki Penyebab Kebakaran, Polisi Olah TKP Kantor Gubernur Papua

Wilpret Siagian - detikNews
Selidiki Penyebab Kebakaran, Polisi Olah TKP Kantor Gubernur Papua Foto: Kondisi Kantor Gubernur Papua pasca kebakaran (Wilpret-detik)
Jayapura - Tim Laboratorium Forensik Makassar belum memastikan penyebab kebakaran Gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Papua. Untuk memastikan penyebab, polisi melakukan olah TKP di gedung tersebut.

"Kemarin baru dilakukan Olah TKP oleh Tim Labfor Makassar yang dipimpin Waka Labfor Makassar AKBP Kartono bersama Kasubbid Balmetfor Makasar Kompol Supriedi Hasugian danTim INAFIS Polda Papua dan Polres Jayapura Kota," ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad M. Kamal di Jayapura, Selasa (13/11/2018).



Menurutnya, dalam olah TKP tersebut tim Labfor menghadirkan 8 orang saksi dari anggota Satpol PP yang bertugas saat kejadian.

AKBP Kartoni mengawali olah TKP dengan mengamati terkait awal mula kejadian kebakaran dilanjutkan dengan meminta keterangan para saksi serta melakukan pemeriksaan barang elektronik termasuk AC yang ada di gedung tersebut.

Empat orang saksi menjelaskan bahwa awalnya mereka melihat asap dari ruang belakang Gedung Sasana Krida dimana di tempat barang-barang Elektronik dan barang lainnya berupa sound system.



Namun dari keterangan 2 saksi lain yang awal melihat terjadinya kebakaran mengatakan sepertinya api berasal dari barang elektronik yang ada di balkon lantai 2.

"Setelah mendengar keterangan dari saksi 2 Waka Labfor Makassar AKBP Kartono meminta Saksi 1 menunjukkan letak dan posisi bangunan serta barang-barang yang ada di Balkon Lantai 2 Gedung Sasana Krida Kantor Gubernur itu," ujar Kamal.

Tim Inafis kemudian melakukan olah TKP di ruang server lantai 2 Sasana Krida serta mengambil beberapa sampel yang diduga mempunyai hubungan kuat dengan awal mulanya terjadi proses kebakaran.

Dari hasil Olah TKP, tambah Kamal Tim telah membawa barang bukti yang akan dijadikan sampel oleh Team Labfor Makassar untuk selanjutnya akan di bawa ke Labfor Makasar guna di lakukan pemeriksaan di Laboratorium Forensik Makassar.




(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed