Sempat Direncanakan Besok, Uji Coba ERP Ditunda

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Selasa, 13 Nov 2018 12:46 WIB
Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta - Uji coba penerapan jalan elektronik berbayar atau electronic road pricing (ERP) ditunda. Sedianya, uji coba akan dilakukan pada 14 November 2018.

"Jadi jadwal untuk PoC (proof of concept) sebagai bagian dari evaluasi teknisnya juga mengalami penundaan," kata Plt Kepala Dishub DKI Sigit Widjatmoko melalui pesan singkat, Selasa (13/11/2018).



Sigit menuturkan uji coba tersebut berkaitan dengan evaluasi teknis dari perusahaan yang menyediakan ERP. Uji coba tersebut akan menentukan pemenang tender ERP.

"Uji coba yang dilakukan adalah bagian dari proses tender. Kaitan evaluasi teknis," ucapnya.



Sigit tidak menjelaskan detail lokasi dan jenis kendaraan yang akan dilibatkan dalam uji coba ERP. detikcom mencoba menghubungi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) ERP Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Zulkifli, untuk meminta penjelasan terkait uji coba ERP tapi belum direspons.

Sebelumnya, penerapan ERP sedianya diuji coba secara terbatas dengan melibatkan 205 kendaraan. Uji coba direncanakan mulai 14 November 2018.

"Rencananya, mulai 14 November kita akan melaksanakan uji teknis dalam bentuk POC (proof of concept)," kata Plt Kepala Dishub DKI Sigit Widjatmoko di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (9/11). (fdu/imk)