DetikNews
Selasa 13 November 2018, 12:42 WIB

Mendagri Panggil Bupati Indramayu, Benarkah Mundur karena Keluarga

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Mendagri Panggil Bupati Indramayu, Benarkah Mundur karena Keluarga Foto: Mendagri Tjahjo Kumolo (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan memanggil Bupati Indramayu Anna Sophanah siang ini. Pemanggilan guna meminta penjelasan terkait alasan Anna mundur dari jabatan bupati.

"Hari ini jam 2 saya undang kemari, walaupun saya hanya mendengar dari media alasan-alasan pribadi dia mundur sudah disampaikan ke DPRD, saya siang ini akan mengundang yang bersangkutan ingin minta kejelasan," kata Tjahjo usai raker di Gedung Kemenhub, Jakarta, Selasa, (13/11/2018).


Tjahjo menegaskan Anna memang berhak mengajukan pengunduran diri. Namun, Tjahjo menyoroti sejumlah hal terkait fenomena Anna.

"Memang seseorang mundur itu hak, tapi ini kalau dibiarkan bisa jadi kesekian. Orang maju pilkada itu kan prosenya cukup panjang, dukungan partai, kampanye, eh begitu jadi, kok mundur. Kecuali mundurnya berhalangan tetap, atau sakit, tapi kan mundurnya ada masalah keluarga," sebut Tjahjo.


Menurut Tjahjo, semua orang pasti punya masalah keluarga yang dijadikan Anna sebagai alasan pengunduran diri. Meski demikian, dia sekali lagi menegaskan bahwa pengunduran diri Anna dari bupati Indramayu merupakan hak asasi.

"Semua kan punya masalah keluarga, walaupun itu hak asasi ya, tapi akan kami tanyakan langsung. Coba dipikir, apakah benar mau mundur. Biaya untuk jadi kepala daerah itu bukan hanya biaya politik ya, biaya waktu, biaya sumber daya. Pokoknya nanti jam 2 saya akan ketemu langsung saya tanya. Walaupun itu haknya dia," tutur Tjahjo.

"Kalau alasannya sakit atau kan yang bisa diterima, tapi ini kan alasan keluarga. Ya walaupun dia seorang wanita, tapi kan dalam konteks kepala daerah kan nggak ada perbedaan, sama. Walaupun itu hak asasi dia," imbuhnya.
(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed