DetikNews
Senin 12 November 2018, 16:17 WIB

Blak-blakan KH Ma'ruf Amin

Penjelasan KH Ma'ruf soal Kabar Esemka Diluncurkan Oktober 

Erwin Dariyanto - detikNews
Penjelasan KH Maruf soal Kabar Esemka Diluncurkan Oktober  KH Ma'ruf Amin (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Memasuki awal November, jagat media sosial ramai mempertanyakan kepastian bahwa mobil Esemka akan diluncurkan pada Oktober tahun ini. Netizen mengutip salah satu berita yang menyebutkan calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin pernah berjanji Esemka akan diluncurkan pada akhir Oktober.

Tim Blak blakan detikcom meminta konfirmasi langsung kepada Kiai Ma'ruf soal kabar tersebut. Kiai Ma'ruf membantah telah berjanji mobil Esemka akan diluncurkan pada akhir Oktober. Politikus kelahiran Tangerang, 11 Maret 1943, itu mengaku hanya mendengar ada produsen swasta yang ingin membangun secara nasional mobil Esemka.

Kiai Ma'ruf pun memuji rencana tersebut. Namun ia memastikan proyek tersebut tidak berkaitan dengan pemerintah ataupun Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Terkait kabar akan diluncurkan pada Oktober 2018, Kiai Ma'ruf mengatakan itu hanyalah keinginan si produsen. "Katanya kepenginnya itu Oktober, akhir Oktober. Itu kalau mungkin, mungkin ya. Itu kan mau-maunya si produsen itu. Boleh juga dia Oktober, boleh juga mundur, boleh juga tidak jadi, kan haknya dia. Bukan saya yang ngomong, kan bukan rencana pemerintah, itu kan rencana pengusaha," kata Kiai Ma'ruf saat Blak-blakan detikcom, yang tayang pada Senin, 12 November 2018.

Hingga kini Kiai Ma'ruf mengaku belum tahu waktu peluncuran mobil Esemka. "Ya kita tunggu aja mau jadi apa tidak. Syukur kalau jadi kan, mudah-mudahan jadi. Waktunya kapan, saya belum tahu," kata dia.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika beberapa waktu lalu menyebut delapan mobil Esemka sudah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT). SUT itu diperoleh setelah mobil dinyatakan lulus uji.


Namun, seiring dengan aturan standar emisi Euro4, Esemka diharuskan diuji ulang. Putu mengatakan ada enam mobil Esemka yang belum lulus uji emisi. Enam mobil tersebut antara lain pikap Bima 1.0, 1.3, 1.3L, 1.8D (diesel); Double Cabin Digdaya 2.0; dan Minivan Borneo 2.7D. "Karena kalau ke depannya masih akan direncanakan dijual mesti memenuhi standar Euro4," tuturnya seperti dikutip dari detikOto.

Selengkapnya soal mobil Esemka, saksikan Blak-blakan Kiai Ma'ruf: Gerilya Sang Kiai untuk Jokowi, Senin, 12 November 2018, dan tayang ulang pada Selasa, 13 November 2018.



Simak Juga 'Soal Esemka, Jokowi akan Dorong agar Industri Berkembang':

[Gambas:Video 20detik]

Penjelasan KH Ma'ruf soal Kabar Esemka Diluncurkan Oktober


(erd/jat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed