Mengerikan! Sederet Insiden Bianglala di Berbagai Negara

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Senin, 12 Nov 2018 14:26 WIB
Wahana kabin kincir ria atau bianglala di Yogyakarta. (Ristu Hanafi/detikcom)
Jakarta - Wahana bianglala di Pasar Malam Perayaan Sekaten Yogyakarta mengalami insiden hingga tampak terbalik. Bukan cuma di Yogyakarta, insiden mengerikan pada bianglala juga pernah terjadi di negara lain yang bahkan memakan korban jiwa.

Insiden di Yogyakarta terjadi tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB, Minggu (11/11/2018). Polisi mengumpulkan keterangan sejumlah saksi yang menyatakan awal mula kejadian karena penumpang bianglala bercanda.



"Informasi dari beberapa saksi, salah satu kabin berisi tiga orang. Mereka guyonan (bercanda) di atas, kabin jadi goyang-goyang dan kaitannya ngancing (mengunci), miring," kata Kapolsek Gondomanan, Kompol I Nengah Lotama, di lokasi kejadian tadi malam.

Bianglala atau sebenarnya adalah kincir ria sudah lama ada dalam dunia wahana permainan sejak dulu. Kincir ria tertinggi pernah tercatat pada 1893 di Chicago, Amerika Serikat, yakni setinggi 80,4 meter. Kini kincir ria tertinggi adalah Singapore Flyer, dengan ketinggian 165 meter.



Bianglala adalah nama wahana kincir ria di Dunia Fantasi (Dufan), yang dioperasikan sejak 1985. Namun istilah 'bianglala' sudah melekat dengan sebutan bagi wahana kincir ria di Indonesia.

Berikut ini sederet insiden mengerikan bianglala di berbagai negara yang dirangkum detikcom:

Bocah Tergantung di Kincir Ria China

Seorang bocah berumur 5 tahun tergantung di sebuah wahana kincir ria di China. Peristiwa itu terjadi di Taman Hiburan Taizhou Yuhuan, Zhejiang, pada September 2018.

Dikutip dari South China Morning Post, ibu bocah itu meyakinkan petugas operator agar anaknya bisa naik wahana itu sendirian agar tak perlu membayar tiket seharga 30 yuan. Namun pada saat wahana berputar, si anak mulai memanjat-manjat hingga kakinya tak sengaja menendang jendela.

Ketika jendela terbuka, si bocah nyaris jatuh. Namun bagian sekitar lehernya tersangkut sehingga dia tidak jatuh dari ketinggian 42 meter.

Operator kemudian melambatkan laju wahana tersebut. Akhirnya si bocah bisa diselamatkan.

Kecelakaan Kincir Ria Makan Korban Jiwa di India

Insiden bianglala terjadi di Ambala, India. Dua perempuan bersaudara meninggal dunia akibat kecelakaan ini.

Kecelakaan itu terjadi pada 13 Agustus 2018. Dilansir Times of India, polisi menahan satu orang atas nama Kurban dalam kejadian ini. Kurban merupakan pemilik yang juga mengoperasikan bianglala tersebut.

Menurut keterangan pihak keluarga korban yang dikutip media tersebut, kecelakaan terjadi setelah 5-7 menit wahana berputar. Setelah itu, tiba-tiba kecepatan bertambah dan teknisi wahana tak dapat mengendalikannya.

Kabin Terbalik di Seattle, AS

Sedikitnya 3 orang terluka akibat terjatuh dari wahana kincir ria di Seattle, Amerika Serikat. Korban adalah wanita berusia 59 tahun dan 47 tahun serta seorang bocah 7 tahun.

Dilansir CNN, peristiwa itu terjadi pada Mei 2017 saat festival Rhododendron. Perusahaan Funtastic Rides mengoperasikan kincir ria bernama Phoenix Rides.

Petugas pemadam kebakaran Jefferson Timur, Bill Beezley, mengatakan ketiga korban tiba-tiba terjatuh saat kabin wahana tiba-tiba terbalik. Ketiga korban jatuh ke tanah dari ketinggian 15 kaki.

Penumpang Kritis Akibat Insiden Kincir Ria di Tennessee, AS

Peristiwa lainnya juga terjadi di Amerika Serikat, tapi di wilayah Tennessee. Setidaknya 3 orang terluka hingga kritis akibat insiden bianglala.

Dikutip dari CNN, peristiwa itu terjadi pada Agustus 2016. Gambar di media sosial memperlihatkan posisi kabin dari wahana kincir ria di Pameran Greene County nyaris terbalik pada ketinggian 35-40 kaki.

Bocah berusia 6 tahun mengalami trauma otak, bocah 10 tahun mengalami patah tangan, dan seorang lagi gadis 16 tahun langsung kritis. Kecelakaan itu diduga akibat adanya komponen yang rusak. (bag/tor)