DetikNews
Senin 12 November 2018, 12:29 WIB

Ma'ruf: Kami Tak Main Politik Identitas, Nggak Tahu yang Lain

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Maruf: Kami Tak Main Politik Identitas, Nggak Tahu yang Lain Cawapres Ma'ruf Amin. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menegaskan kubunya tidak bermain politik identitas. Penegasan Ma'ruf itu sebagai tanggapan dari pernyataan Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait politik identitas dan SARA.

"Kita kan sudah sepakat tidak membawa politik identitas pendekatannya. Ya nggak tahu (pasangan) yang lain, tapi dari kita, dari 01 tidak," kata Ma'ruf kepada wartawan di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (12/11/2018).


Dia menyebut sebetulnya tidak ada politik identitas saat ini. Menurutnya, seharusnya yang terjadi adalah adu gagasan dan program, bukan melakukan politik identitas dalam mendapatkan dukungan dari masyarakat.

"Memperbesar kemaslahatan, menambah, atau melakukan penyesuaian atau meng-adjust, menyempurnakan. Itu pendekatannya programing, pendekatan konsep bagaimana membangun ke depan, nggak ada identitas," sebutnya.

Ma'ruf pagi tadi mendapat dukungan dari Nahdlatul Ulama (NU) se-Jakarta Utara. Dia mengatakan dukungan itu tidak masuk kategori politik identitas.

"Tapi kalau misalnya orang NU mau mendukung orang NU itu kan wajar saja. Misalnya pemimpin NU-nya dia mendukung, itu bukan politik identitas, tetapi merasa ada kesamaan. Tapi tidak jadi program kita mengarah kepada politik identitas," imbuh Ma'ruf.


Sebelumnya, SBY menyebut ada perubahan politik Indonesia sejak Pilkada DKI Jakarta tahun lalu. Perubahan itu ditandai mengemukanya politik identitas dan SARA.

"Politik Indonesia tanpa kita sadari sejak tahun 2017 telah berubah, sejak berlangsungnya Pilkada Jakarta 2017 lalu. Saya berani mengatakan bahwa politik kita telah berubah. Apa yang berubah? Yang berubah adalah makin mengemukanya politik identitas atau politik SARA dan politik yang sangat dipengaruhi oleh ideologi dan paham," kata SBY dalam acara pembekalan caleg Demokrat di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11).


Saksikan juga video 'Blak-blakan Ma'ruf Amin, Aksi 212 dan Gerilya untuk Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed