DetikNews
Minggu 11 November 2018, 23:40 WIB

Muda Menangkan Indonesia, Ketum PSI Bicara Pahlawan Zaman Now

Dwi Andayani - detikNews
Muda Menangkan Indonesia, Ketum PSI Bicara Pahlawan Zaman Now Ketua Umum PSI Grace Natalie. (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum PSI Grace Natalie berbicara soal nilai kepahlawanan di zaman sekarang. Pahlawan zaman sekarang adalah sosok-sosok muda yang mampu mengangkat nama Indonesia.

Hal itu disampaikan Grace dalam pidato bertajuk "Muda Menangkan Indonesia", di acara ulang tahun ke-4 PSI, digelar di ICE BSD Hall 3A, Tangerang, Minggu (11/11/2018).

Pahlawan zaman dulu juga merupakan anak muda. Ada Raden Ajeng Kartini yang menuliskan pikirannya pada usia kurang dari 20 tahun. Sukarno pada 29 tahun menyampaikan pleidoi "Indonesia Menggugat". Kaum muda lah yang menggerakkan kesadaran nasionalisme Indonesia untuk lepas dari penjajahan.


Zaman semakin maju, namun yang tampil di pentas sejarah tetaplah anak-anak muda. "Mei '98, anak-anak muda turun ke jalan, menuntut diakhirinya Orde Baru yang korup dan otoriter. Beberapa mati ditembak, lainnya hilang Diculik!" kata Grace.

Masih pada 1998, saat kerusuhan rasial muncul di tanah air, Hariyanto Arbi berjuang membela merah putih di Hongkong. Padahal saat itu, kerabatnya di Tanah Air rentan menjadi sasaran amuk massa.

"Tapi Hariyanto Arbi yang berumur 26 tahun saat itu, bertahan, tetap bertanding dan akhirnya mempersembahkan Piala Thomas bagi Indonesia," kata Grace.


Dia melanjutkan, di era yang lebih modern saat ini, anak-anak muda juga muncul sebagai pahlawan yang mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia. Dia menyebut nama pengusaha terkemuka.

"Nadiem Makarim, di usia 26 tahun menciptakan terobosan kreatif mengatasi problem transportasi kronis Jakarta. Inovasinya: Go-Jek -- setiap hari dinikmati jutaan 'users'," kata Grace.

Ada pula dua musisi yang tampil di pentas dunia. Mereka adalah Joey Aleander dan Rich Brian. Kedua orang itu jelas bukanlah orang tua. Mereka adalah pahlawan zaman now.


"Prodigy bernama Joey Alexander, pada usia 12 tahun menjadi nomine termuda sepanjang sejarah Grammy Awards. Remaja 19 tahun, bernama Rich Brian, sukses Go International dan kini tampil reguler di panggung pertunjukan musik hip-hop Amerika," tutur Grace.

"Bro and Sis, MEREKALAH pahlawan muda yang menangkan Indonesia!" ujar Grace pada sehari usai Hari Pahlawan ini.


(dwia/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed